Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 20 Jan 2020 12:41 WIB

Rapat dengan DPR, Importir Bawang Putih Ngeluh Kebijakan Wajib Tanam

Vadhia Lidyana - detikFinance
Foto: Vadhia Lidyana
Jakarta - Komisi IV DPR RI siang ini menggelar rapat dengar pendapat (RDP) dengan Perkumpulan Pengusaha Bawang Putih dan Aneka Umbi Indonesia (Pusbarindo) untuk membahas target swasembada bawang putih pada tahun 2021.

Rapat ini dihadiri oleh 14 anggota Komisi IV DPR RI dari 5 fraksi. Rapat dengar pendapat ini dibuka oleh Ketua Komisi IV Sudin.

Dalam rapat ini, Ketua II Pusbarindo, Valentino membeberkan sejumlah keluhan dari importir bawang putih atas Peraturan Menteri Pertanian (Permentan) nomor 39 tahun 2019 tentang rekomendasi impor produk hortikultura. Dalam aturan tersebut, importir produk hortikultura strategis, seperti bawang putih punya tugas wajib tanam usai memperoleh Rekomendasi Impor Produk Hortikultura (RIPH).

Wajib tanam itu boleh dilakukan setelah importir meraih RIPH. Padahal, dalam Permentan sebelumnya, yakni Permentan 38 tahun 2017 wajib tanam itu harus dilakukan sebelum importir mendapatkan RIPH.


"Dengan adanya Permentan baru bahwa tidak perlu melakukan wajib tanam awal untuk RIPH tahun berikutnya. Ini akan mempermudah pengusaha mengajukan RIPH," kata Valentino di Gedung DPR RI, Jakarta, Senin (20/1/2020).

Menurutnya, kewajiban tanam bawang putih pasca memperoleh RIPH ini membuat tingkat kepatuhan para importir justru menurun. Terutama bagi pengusaha atau importir baru. Padahal, importir atau pengusaha yang telah bergerak lama di pasar bawang putih ini sudah mengeluarkan dana besar untuk melaksanakan kewajiban tanam bawang putih di Indonesia.

"Kalau data yang Pusbarindo peroleh pada tahun 2017, tingkat kepatuhan wajib tanam hanya 38%. Di tahun 2018 meningkat sedikit jadi 42%. Untuk 2019 kita belum dapat datanya, tapi kami yakin itu saya rasa akan signifikan penurunannya," papar Valentino.
Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video " Imbas Virus Corona, Harga Bawang Putih Melonjak"
[Gambas:Video 20detik]
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com