Doa Terhindar dari Riba dan Jerat Utang

Puti Yasmin - detikFinance
Selasa, 21 Jan 2020 05:28 WIB
Doa Terhindar dari Riba/Foto: iStock
Jakarta - Allah SWT melarang umat Islam untuk mengambil riba atau kelebihan dari uang yang dipinjam. Agar bebas dari jeratan itu, ada doa terhindar dari riba yang bisa diamalkan.

Dalam Al Qur'an surat Ali Imran ayat 130-131 Allah berfirman mengenai larangan umat Islam memakan riba. Hal itu agar orang yang beriman bisa bebas dari siksa api neraka.



Arab: يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا لَا تَأْكُلُوا الرِّبٰوٓا اَضْعَافًا مُّضٰعَفَةً ۖوَّاتَّقُوا اللّٰهَ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُوْنَۚ

Latin: yā ayyuhallażīna āmanụ lā ta`kulur-ribā aḍ'āfam muḍā'afataw wattaqullāha la'allakum tufliḥụn

Artinya: Wahai orang-orang yang beriman! Janganlah kamu memakan riba dengan berlipat ganda dan bertakwalah kepada Allah agar kamu beruntung.

Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam mengingatkan manusia bahwa pelaku riba akan dilaknat oleh Allah SWT di akhirat kelak. Pelaku di sini termasuk rentenir, pencatat riba dan orang-orang yang menyaksikannya.

Arab: لَعَنَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- آكِلَ الرِّبَا وَمُوكِلَهُ وَكَاتِبَهُ وَشَاهِدَيْهِ وَقَالَ هُمْ سَوَاءٌ

Artinya: Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam melaknat pemakan riba (rentenir), orang yang menyerahkan riba (nasabah), pencatat riba (sekretaris) dan dua orang saksinya." Beliau mengatakan, "Mereka semua itu sama (karena sama-sama melakukan yang haram)"

Dalam sebuah hadits riwayat Tirmidzi diriwayatkan, suatu ketika Ali bin Abu Thalib mengisahkan ada seorang budak yang ingin merdeka. Namun dengan satu syarat, budak tersebut harus melunasi semua utang-utang kepada tuannya.



Si budak pun mendatangi Ali untuk mengadu. Kepada si budak Ali mengajarkan sebuah doa agar terhindar dari riba dan lunas semua utang-utangnya. Doa terhindar dari riba dan jerat utang ini pernah diajarkan oleh Rasulullah SAW.

Ali berkata, "Maukah kuberitahukan padamu beberapa kalimat yang Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam telah mengajarkannya padaku yaitu seandainya engkau memiliki utang sepenuh gunung, maka Allah akan memudahkanmu untuk melunasinya. Ucapkanlah doa ini,"

Arab: اللَّهُمَّ اكْفِنِى بِحَلاَلِكَ عَنْ حَرَامِكَ وَأَغْنِنِى بِفَضْلِكَ عَمَّنْ سِوَاكَ

Latin: Allahumak-Finii Bi Halaalika 'An Haroomik, Wa Agh-Niniy Bi Fadhlika 'Amman Siwaak

Artinya: Ya Allah cukupkan lah aku dengan yang halal dan jauhkan lah aku dari yang haram, dan cukupkan lah aku dengan karunia-Mu dari bergantung pada selain-Mu.

Nah, semoga kita semua bisa mengamalkan doa dijauhkan dari riba ya!

Simak Video "Ini 5 Orang yang Dibekuk Terkait Penyerangan Doa Pernikahan di Solo"
[Gambas:Video 20detik]
(pay/erd)