Ojol Bakal Jadi Transportasi Umum?

Anisa Indraini - detikFinance
Rabu, 22 Jan 2020 07:35 WIB
Ojol Bakal Jadi Transportasi Umum? Foto: Rifkianto Nugroho
Jakarta - Legalitas ojek online (ojol) masih belum jelas hingga saat ini. Sebab, belum ada payung hukum yang menjadikan ojol sebagai angkutan umum.

Terkait hal itu, Direktur Angkutan Jalan Kemenhub Ahmad Yani mengatakan, revisi Undang-undang (UU) Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan telah masuk program legislasi nasional (Prolegnas).

Menurutnya, kemungkinan status ojol akan dibahas dalam payung hukum ini. Saat ini, pihaknya tengah menunggu DPR untuk memulai pembahasan.

"Tentu teman-teman sudah memahami UU 22 sudah masuk Prolegnas, kita tinggal menunggu kapan DPR memulai pembahasan mengenai UU 22, mungkin nanti akan dimasukkan bagaimana ojol seperti apa, ini tinggal kita lihat nanti," katanya di Kemenhub, Jakarta Pusat, Selasa (21/1/2020).

Meski demikian, ia meyakini, perdebatan akan alot. Sebab, banyak yang setuju, banyak juga yang tidak setuju ojol jadi transportasi umum.

"Perdebatan cukup alot saya yakin. Terkait apakah ojol masuk angkutan umum atau tidak, pasti pertama di situ, banyak setuju, banyak juga yang nggak setuju. Kita lihat perkembangan DPR," ujarnya.

Apa kata DPR terkait UU Nomor 22 Tahun 2009 yang mau direvisi?
Selanjutnya
Halaman
1 2 3 4


Simak Video "Hannah Al Rashid Jadi Korban Catcalling Driver Ojol"
[Gambas:Video 20detik]