Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 23 Jan 2020 17:23 WIB

Soal Tiket Pesawat, Bos Baru Garuda: Kita Penuhi Harapan Pelanggan

Eduardo Simorangkir - detikFinance
Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra/Foto: Eduardo Simorangkir/detikcom
Tangerang -

Harga tiket pesawat yang masih mahal menjadi salah satu fokus pertama yang akan dibenahi oleh jajaran direksi baru Garuda Indonesia. Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra mengatakan telah berdiskusi dengan jajaran direksi mengenai penyesuaian harga tiket pesawat.

"Soal tarif, kita direksi juga diskusi, kita bahas lagi dalam waktu dekat. Tapi kita akan review dari waktu ke waktu bagaimana tarif bisa memenuhi harapan dari para pelanggan kita," katanya dalam jumpa pers di Kantor Pusat Garuda Indonesia di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Kamis (23/1/2020).

Meski belum bisa memastikan kapan harga tiket pesawat Garuda bisa kembali normal, Irfan bilang pihaknya saat ini masih mencari formula agar hal ini bisa direalisasikan. Salah satu strategi Garuda yakni dengan mencari sumber pendapatan baru dari sisi non-aeronautical seperti bisnis kargo, iklan, dan lainnya.

"Kalau untuk avtur bukan 100% domain kita. Tapi kita akan lakukan negosiasi. Untuk maintenance kita lakukan penghematan tanpa mengurangi safety dan aturan SOP yang ada. Kita juga lihat possibility revenue lainnya," ungkapnya.


Polemik harga tiket pesawat memang belum reda. Pengusaha hingga menteri bahkan sempat mengeluhkan perihal ini meski pemerintah sudah melakukan kajian untuk menurunkan harga tiket pesawat.

Mahalnya tiket pesawat diyakini karena hilangnya tarif bervariasi alias sub kelas tarif pada maskapai Garuda Indonesia, sehingga alokasi tarif murah dalam satu penerbangan tak ada lagi. Kondisi tersebut diikuti oleh maskapai-maskapai lainnya sehingga harga tiket pesawat mahalnya merata.

Harga tiket pesawat memang sempat turun selepas libur tahun baru lalu. Namun penurunan tersebut diyakini lebih karena musim liburan telah usai.

Soal Tiket Pesawat, Bos Baru Garuda: Kita Penuhi Harapan Pelanggan



Simak Video "Mulai Besok, Diskon Tiket Pesawat Hingga 50% Sudah Berlaku!"
[Gambas:Video 20detik]
(eds/ara)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com