Virus Corona Acak-acak Ekonomi China

ADVERTISEMENT

Virus Corona Acak-acak Ekonomi China

Trio Hamdani - detikFinance
Selasa, 28 Jan 2020 11:51 WIB
Media nasional China melaporkan sedikitnya 51 pasien virus corona telah dinyatakan sembuh. Hal itu membuat Wuhan perlahan bangkit.
Imbas Wabah Corona di Wuhan, China Foto: Stringer/Getty Images
Jakarta -

Virus corona diperkirakan menjadi pukulan bagi ekonomi China. Para pejabat negeri Tirai Bambu mewaspadai wabah ini menjadi ancaman dalam beberapa waktu ke depan.

Mengutip CNBC, dampak ekonomi itu terlihat dari penurunan jumlah penumpang transportasi. Untuk mencegah penyebaran virus lebih lanjut, pemerintah meminta masyarakat tetap berada di rumah, menghindari acara di keramaian, dan membatasi perjalanan.

Secara keseluruhan jumlah perjalanan pada Sabtu lalu atau hari pertama Imlek anjlok 28,8% dibandingkan tahun sebelumnya. Secara rinci, Wakil Menteri Transportasi China Liu Xiaoming mencatat perjalanan udara turun 41,6%, kereta turun 41,5%, dan darat turun 25%.

Pada hari Minggu, China Railway Chengdu juga menghentikan perjalanan kereta cepat, termasuk ke Shanghai untuk beberapa hari ke depan hingga awal Februari.

Sementara itu, Pemerintah China telah meminta penduduk setempat mengenakan masker dan bahkan telah menerapkan denda di beberapa tempat bagi mereka yang berada di ruang publik yang tidak mengenakan masker.

Bagaimana virus tersebut mampu mengacak-acak perekonomian China? Klik halaman selanjutnya.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT