100 Hari Kerja, Erick Thohir Bongkar Skandal Penyelundupan di Garuda

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Kamis, 30 Jan 2020 11:54 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir bahas kasus Asuransi Jiwasraya bersama Komisi VI DPR. Erick buka-bukaan soal penyelesaian sengkarut PT Asuransi Jiwasraya (Persero).
Foto: Lamhot Aritonang
Jakarta -

Sejumlah gebrakan dan kebijakan telah dilakukan para menteri di 100 hari kerja pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Lalu, apa yang telah dilakukan Erick Thohir selaku Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN)?

Dalam catatan detikcom, salah satu gebrakan yang mencolok Erick Thohir ialah membongkar penyelundupan motor Harley Davidson dan sepeda mewah Brompton melalui pesawat baru PT Garuda Indonesia (Persero). Penyelundupan ini terjadi pada November 2019 lalu.

Pengungkapan penyelundupan Harley ini dilakukan Erick Thohir bersama Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. Dalam konferensi pers bersama Desember 2019 lalu, Erick mengungkap Harley Davidson yang diselundupkan ialah milik AA yang tak lain Direktur Utama Garuda Ari Askhara. Pada kesempatan itu, Erick sekaligus mengumumkan pemecatan Ari.

"Dengan itu saya sebagai Kementerian BUMN akan memberhentikan saudara Direktur Utama Garuda dan tentu proses dari pada ini karena perusahaan publik pasti ada prosedurnya lagi," kata Erick di Kementerian Keuangan, Jakarta Pusat, Kamis (5/12/2020).

Saat itu, Erick menyatakan akan menelusuri oknum-oknum yang terlibat. Belakangan, Erick juga memecat 4 direktur Garuda lain.

Selanjutnya, Erick pun menyampaikan kronologi pembelian Harley Davidson. Erick bilang, Ari memberikan instruksi untuk mencari Harley yang diketahui tahun 1970-an ini pada tahun 2018. Kemudian, pembelian dilakukan pada April 2019.

"Proses transfer dari Jakarta ke rekening pribadi finance manager dari Amsterdam. Saudara IJ membantu mengurus proses pengiriman dan lain-lain tapi akhirnya seperti hari ini. Ini yang sungguh menyedihkan ini proses secara menyeluruh dalam BUMN, bukan individu, menyeluruh," jelasnya.

Lalu, pesawat itu diangkut bersamaan dengan datangnya pesawat baru Garuda pada 17 November 2019.

100 Hari Kerja, Erick Thohir Bongkar Skandal Penyelundupan di Garuda


Selanjutnya
Halaman
1 2