Ke Norwegia, Wamendag Kejar Realisasi IE-CEPA

Vadhia Lidyana - detikFinance
Jumat, 31 Jan 2020 15:45 WIB
Wamendag Jerry Sambuaga kunjungan ke Norwegia
Foto: Dok. Kementerian Perdagangan
Jakarta -

Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Jerry Sambuaga tengah berkunjung ke Norwegia. Pada kunjungan kerja kali ini, Jerry dijadwalkan melakukan pertemuan bilateral dengan State Secretary of Ministry of Trade and Industry Geir Inge Siversten.

Pertemuan ini akan membahas hubungan diplomatik dan hubungan perdagangan serta investasi kedua negara dan juga memperingati 70 tahun hubungan diplomatik Indonesia-Norwegia. Selain itu, Jerry juga membahas keberlanjutan perjanjian dagang Indonesia dan European Free Trade Association (EFTA).

Perjanjian dagang tersebut bernama Indonesia-EFTA Comprehensive Economic Partnership Agreement (IE-CEPA) yang diinisiasikan sejak tahun 2010. EFTA sendiri terdiri dari beberapa negara yaitu Swiss, Liechtenstein, Islandia, dan Norwegia. Harapannya, dengan terwujudnya IE-CEPA, transaksi perdagang RI dengan Norwegia dan negara lainnya dapat ditingkatkan.


"Saya melihat hubungan perdagangan dan investasi antara Indonesia dan Norwegia masih dapat ditingkatkan melalui implementasi IE-CEPA," kata Jerry dalam keterangan tertulis yang diterima detikcom, Jumat (31/1/2020).

Perlu diketahui, total nilai perdagangan Indonesia dengan Norwegia pada 2018 mencapai US$ 242,13 juta. Nilai total investasi Norwegia di Indonesia selama periode 2014-2018 mencapai US$ 40,2 juta.

Jerry menyampaikan, walaupun IE-CEPA telah ditandatangani pada Desember 2018, namun pelaksanaannya masih menunggu proses ratifikasi dari masing-masing negara yang menandatangani perjanjian tersebut. Ratifikasi ini adalah proses meraih restu dari parlemen, di Indonesia sendiri itu dari DPR.

"Sesuai dengan amanat Presiden Joko Widodo, salah satu tugas Wamendag adalah mempercepat penyelesaian dan impelementasi IE-CEPA sesuai jadwal yang telah disepakati," jelas Jerry.

Perjanjian lE-CEPA mencakup isu-isu perdagangan barang, perdagangan jasa, investasi, hak kekayaan intelektual, pembangunan berkelanjutan, ketentuan asal dan bea cukai, fasilitasi perdagangan, pengamanan perdagangan, persaingan usaha, legal, serta kerja sama dan pengembangan kapasitas.



Simak Video "Politisi Golkar Jerry Sambuaga Ditunjuk Jadi Wamendag"
[Gambas:Video 20detik]
(hns/hns)