Soal Anggaran Evakuasi hingga Karantina WNI, Ini Kata Sri Mulyani

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Senin, 03 Feb 2020 14:45 WIB
238 WNI yang dievakuasi dari Wuhan, China, sudah tiba di Batam. Mereka lantas dipindahkan ke 3 pesawat TNI AU yang akan membawanya ke Natuna.
Evakuasi WNI dari Wuhan ke Natuna/Foto: Kemlu RI
Jakarta -

Ratusan Warga Negara Indonesia (WNI) berhasil dievakuasi dari Wuhan, China terkait wabah virus corona. Para WNI pulang ke Indonesia diangkut pesawat Batik Air, dan dibawa ke Natuna menggunakan pesawat TNI-AU untuk menjalani karantina

Proses karantina di Natuna berlangsung selama 14 hari. Lantas dari mana dana yang dikucurkan pemerintah untuk melakukan evakuasi dan observasi?

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati enggan mengatakan secara rinci dana dari mana yang digunakan. Saat ditanya apakah dari anggaran dari Kementerian Kesehatan dia hanya mengatakan anggaran sudah disiapkan dan akan dilaporkan.

"Biasanya dari anggaran dulu. Kalau ada apa-apa mereka akan sampaikan," sebut Sri Mulyani singkat, usai memberikan kuliah umum di Kampus UI Salemba, Senin (3/2/2020).


Kementerian Kesehatan (Kemenkes) sendiri memang memiliki anggaran khusus untuk menangani kejadian wabah penyakit luar biasa. Hal itu diungkapkan langsung oleh Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto.

"Untuk Corona ada anggaran sendiri dari Kemenkes. Nanti ada anggaran dari Kemenkes untuk kondisi seperti ini, dan tidak usah khawatir," ungkap Terawan ditemui di Gedung DPR, Jakarta, Selasa (28/1/2020) lalu.

"Maka tenang saja kami planning-kan dengan baik, memang untuk wabah kejadian luar biasa sudah ada," lanjutnya.

Soal besarannya, Terawan enggan menyebutkan. Alasannya dia mengaku tidak hapal semua angka anggaran.

"Nanti saya lihat, saya tidak hapal semua masalah anggaran," ungkap Terawan.

Soal Anggaran Evakuasi hingga Karantina WNI, Ini Kata Sri Mulyani



Simak Video "Tambah 34 Kasus, WNI Positif Corona di Luar Negeri Jadi 2.069"
[Gambas:Video 20detik]
(hns/hns)