Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 03 Feb 2020 18:30 WIB

Masalah Pengangguran Jadi PR Terbesar Banten

Bahtiar Rifa'i - detikFinance
Sembilan panitia seleksi (Pansel) terdiri dari Harkrituti Haskrisnowo, Yenti Ganarsih, Supra Wibarti, Destry Damayanti, Betti S Alisjabana, Natalia Subagyo, Diani Sadiawati, Meuthia Ganie Rochman, dan Enny Nurbaningsih saat mengumumkan 48 nama calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah lolos tahap seleksi kedua digelar di gedung Sekretariat Negara, Jalan Veteran, Jakarta Pusat, Sabtu (14/7/2015). Panitia Seleksi (Pansel) calon pemimpin Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyatakan 48 dari 194 nama lulus tahap seleksi kedua. Agung Pambudhy/Detikcom. Deputi Gubernur Senior BI Destry Damayanti/Foto: agung pambudhy
Serang -

Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia (BI) Destry Damayanti menyatakan daerah Banten memiliki tantangan khususnya dalam mengatasi pengangguran. Perlu pengembangan pada penciptaan lapangan kerja untuk mengentaskan pengangguran di wilayah ini.

"Satu tantangan di Banten adalah tantangan tenaga kerja, sehingga bagaimana menciptakan lapangan kerja dan memperkecil pengangguran di Banten," kata Destry sesaat setelah penyerahan program sosial BI di Banten, Kota Serang, Senin (3/2/2020).

Tantangan kedua, adalah bagaimana mendorong pertumbuhan ekonomi di daerah. BI katanya juga memiliki peran untuk mendorong ini khususnya di sektor UMKM karena bagian ini adalah tulang punggung perekonomian.


Selanjutnya, Destry menyatakan bahwa perlu peran semua pihak untuk menciptakan stabilitas ketahanan pangan. Khusus di Banten, ia menyebut bahwa tantangan inflasi terbesar di wilayah ini ada di sektor makanan yang dipengaruhi karena harga cabai dan bawang.

Apalagi, inflasi karena dua komoditas ini pada bulan puasa dan menjelang puasa selalu tinggi. Bahkan, harga per kilogram bisa setara dengan harga daging sapi.

"Ini jadi concern, dan cabai adalah kontributor di inflasi kita, dan kami BI mempunyai cluster komoditi yang tujuannya bisa menekan harga terkait pangan, bisa stabil dan tidak turun naik," ujarnya.

Masalah Pengangguran Jadi PR Terbesar Banten





Simak Video "Sah! Destry Damayanti Jabat Deputi Gubernur Senior BI"
[Gambas:Video 20detik]
(bri/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com