Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 04 Feb 2020 11:24 WIB

Menhub Minta Pemda Gandeng Swasta Bikin Transportasi Umum

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menjadi salah satu orang pertama di Indonesia yang menjajal mobil listrik Hyundai IONIQ. Yuk, intip foto-fotonya. Foto: Rifkianto Nugroho
Jakarta -

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meminta agar pemerintah daerah khususnya di sekitar Jabodetabek menggandeng swasta dalam penyediaan infrastruktur transportasi.

Pemerintah pusat menurutnya sudah melakukan hal tersebut di beberapa proyek lewat skema Kerja Sama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU). Hal serupa diminta Budi Karya untuk dilakukan oleh Pemda.

"Bukan cuma pusat, Pemda juga harus pikirkan juga KPBU. Bagaimana pelibatan swasta untuk di daerah," ungkap Budi Karya, di Hotel Le Meridien, Jakarta Pusat, Selasa (4/2/2020).

Dia mencontohkan beberapa proyek KPBU, misalnya di Sulawesi Selatan dengan proyek kereta api Makassar ke Parepare. Selain itu ada juga bandara Komodo di Labuan Bajo.

"Kita sudah coba pelibatan swasta di Sulsel, di mana Makassar-Parepare ada dana swasta di situ. Di perhubungan udara juga sudah ada di Bandara Labuan Bajo misalnya. Maka pemerintah daerah juga harus aktif gandeng swasta untuk KPBU," kata Budi Karya.

Hal ini dilakukan agar pemerintah daerah mampu membuat angkutan massal tanpa membebani anggaran. Pasalnya, bukan cuma Jakarta, beberapa daerah pendukung harus diperhatikan juga transportasinya.

"Koneksitas Jakarta dan daerah pendukung juga jadi penting, maka kalau bicara angkutan massal di satu sisi keniscayaan di sisi lain harus berpikir bagaimana kendaraan bisa dibuat dan dilakukan. Anggaran dan sebagainya," jelas Budi Karya.



Simak Video "Cegah Corona, Menhub Larang Penerbangan ke Wuhan Selama Sebulan!"
[Gambas:Video 20detik]
(eds/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com