Wuih, RI Punya 'Pentagon' yang Pantau Sektor Pertanian

Vadhia Lidyana - detikFinance
Selasa, 04 Feb 2020 12:10 WIB
Pertanian
Foto: Vadhia Lidyana/Pentagon' RI yang Pantau Sektor Pertanian
Jakarta -

Kementerian Pertanian (Kementan) hari ini meluncurkan Agriculture War Room (AWR). Ruangan ini berfungsi memantau sektor pertanian dalam negeri dengan fasilitas komputer yang menghasilkan data real time tentang luas lahan baku sawah, luas panen, pasokan pupuk, hingga perkembangan sawah tanam.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengatakan, AWR ini bagaikan pusat kontrol Pentagon milik Amerika Serikat (AS). Pentagon merupakan markas besar angkatan bersenjata negeri Paman Sam.

"Semua potensi bisa kita lihat dari sini. Jadi ini sama dengan ruang Pentagon yang ada di Amerika. Kita perang dari sini," kata Syahrul di AWR, Jakarta, Selasa (4/2/2020).

Selain itu, dari AWR ini pihaknya juga bisa melihat produktivitas dari alat mesin pertanian (alsintan) yang ada di sawah-sawah.

"Hari ini akan panen seperti apa. Kondisi lapangan yang ada sepeti misalnya sebutkan Kecamatan dan Desanya, kita akan lihat di sini. Dia sudah tanam atau belum. Berapa mesin alsintan yang jalan hari ini. Saya akan lihat dari sini," paparnya.

Untuk memaksimalkan kinerja AWR, pihaknya juga berencana memasukkan chip ke pupuk-pupuk yang disubsidi dari pemerintah agar bisa dilacak pemakaiannya.

"Pupuk akan saya kasih chip. Bibit juga akan saya kasih chip. Saya mau tahu di mana pupuk itu, dan siapa yang salah. Apa tanggung jawabnya Camat, Bupati, dan Gubernur.Kalau ada masalah kita langsung clear siapa yang harus merespons dan tanggung jawab," imbuh Syahrul.

Perlu diketahui, AWR ini memang difasilitasi oleh Citra Satelite. Dalam menghasilkan data real time ini, Kementan bekerja sama dengan 5 kementerian/lembaga lain yakni Kementerian ATR/BPN, BPS, BPPT, LAPAN, dan BIG.



Simak Video "5 Fakta Terkait Kalung Eucalyptus"
[Gambas:Video 20detik]
(fdl/fdl)