Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 05 Feb 2020 07:04 WIB

Data Pangan Sudah Sama, Jangan Ribut Lagi Soal Impor

Vadhia Lidyana - detikFinance
Musim hujan telah tiba, petani di Desa Ciganjeng, Kecamatan Padaherang, Pangandaran turun ke sawah. Mereka berharap musim tanam perdana tahun 2020 ini berjalan lancar. Data Pangan Sudah Sama, Jangan Ribut Lagi Soal Impor. Foto: Faizal Amiruddin
Jakarta -

Kementerian Pertanian (Kementan) resmi meluncurkan griculture War Room (AWR). Ruangan ini berfungsi memantau sektor pertanian dalam negeri dengan fasilitas komputer yang menghasilkan data real time tentang luas lahan baku sawah, luas panen, pasokan pupuk, hingga perkembangan sawah tanam.

Melalui AWR ini, pemerintah punya satu sumber data pangan yang dapat diakses semua kementerian/lembaga. Dalam sambutannya di peluncuran AWR, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan meminta agar tak ada lagi yang ribut karena perbedaan data pangan.

"Sekarang kita mainnya data. Semestinya ke depan kita tidak akan terjadi berkelahi lagi soal impor beras atau pangan lainnya," kata Luhut di kantor Kementan, Jakarta, Selasa (4/2/2020).

Menurut Luhut, data terkait pangan ini sangat krusial bagi kehidupan masyarakat. Ada 267 juta jiwa yang perlu diurusi perutnya. Sehingga, satu data yang dirilis dari kerja sama Kementan, Kementerian ATR/BPN, Badan Pusat Statistik (BPS), Badan Informasi dan Geospasial (BIG), Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), dan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) dinilainya sebagai sinergi yang baik.

"Masalah pertanian itu melibatkan 267 juta perut orang, itu bukan urusan yg mudah. Jadi big data ini menurut saya sangat penting. Dan saya bahagia sekali mendengar BPPT, BPS, perguruan tinggi dilibatkan. Kita harus kerja team work. Tidak bisa tidak kerja team work," ujar Luhut.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Penuhi Kebutuhan Masyarakat, Kemendag Impor 550 Ribu Ton Gula"
[Gambas:Video 20detik]
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com