Heboh Corona, Impor Bawang Putih dari China Masih Dibuka

Vadhia Lidyana - detikFinance
Jumat, 07 Feb 2020 07:42 WIB
bawang putih china
Foto: istimewa
Jakarta -

Merebaknya virus corona tak menghentikan kebijakan impor bawang putih dari China. Pemerintah masih membuka keran impor tersebut karena bawang putih dinilai tak bisa membawa virus corona.

"Berkaitan dengan impor di Tiongkok masih tetap berjalan seperti biasa terbuka, handphone atau bawang putih dan buah-buahan lainnya ini tidak dilarang," kata Menteri Perdagangan (Mendag) Agus Suparmanto di Gedung DPR RI, Jakarta, Kamis (6/2/2020).

Pemerintah memang tetap membuka keran impor bawang putih mengingat stok dalam negeri kian menipis, dan harga melonjak bahkan tembus Rp 70.000 per kilogram (kg) di DKI Jakarta.

Menurut data Kementerian Pertanian (Kementan) stok bawang putih tinggal 42.813 ton. Padahal kebutuhan bawang putih di seluruh Indonesia mencapai 47.758 ton per bulannya. Lalu, sampai Maret 2020 mendatang stok bawang putih bakal semakin menipis hingga hanya tersisa sekitar 9.195 ton saja.

Untuk menstabilkan lonjakan harga tersebut, Kemendag akan menerbitkan izin impor bawang putih ketika sudah menerima Rekomendasi Impor Produk Hortikultura dari Kementerian Pertanian (Kementan).

"Bawang putih segera akan dipasok, dari Kementan kan juga ada yang panen. Tadi kami rapat dengan Kementan, segera Kementan akan mengeluarkan RIPH," kata Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kemendag, Suhanto, di Gedung DPR RI, Jakarta, Kamis (6/2/2020).

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Hakim Tolak Praperadilan Eks Anggota DPR I Nyoman Dhamantra"
[Gambas:Video 20detik]