Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 11 Feb 2020 19:15 WIB

Pariwisata Kena Imbas Corona, Bisakah Tiket Pesawat Domestik Didiskon?

Trio Hamdani - detikFinance
Video emak-emak lari ke apron bandara Ngurah Rai karena ketinggalan pesawat ramai di media sosial. Rupanya emak-emak itu check in saat pesawat siap berangkat. Foto: Aditya Mardiastuti/detikcom: Apron Bandara Ngurah Rai
Jakarta -

Virus corona menyebabkan menurunnya produktivitas sektor pariwisata di Indonesia. Wabah tersebut membuat jumlah turis asing yang datang ke Indonesia berkurang, apalagi turis dari China tidak bisa masuk ke Indonesia.

Atas dasar itu Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberi instruksi agar tiket pesawat diberikan diskon untuk mendorong aktivitas wisatawan domestik. Bagaimana caranya?

Direktur Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Askolani menjelaskan pihaknya akan berbicara dengan Kementerian Perhubungan dalam mengimplementasikan hal tersebut, entah dengan cara memberikan insentif buat maskapai atau subsidi.

"Sementara belum dibicarakan. Nanti kita lihat, kita bicarakan sama (Kementerian) Perhubungan ya," kata dia di Gedung DPR RI, Jakarta, Selasa (11/2/2020).


Dia menjelaskan hal tersebut pun dibahas dalam sidang kabinet hari ini yang dipimpin oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Bogor.

"Nanti kita lihat dulu. Kan kita harus lihat lebih jelas dan lebih komplit ya. Tentunya arahan Presiden siang ini juga menentukan langkah-langkah kebijakan yang mau diambil," jelasnya.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandio sebelumnya mengungkapkan, pariwisata RI berpotensi merugi hingga US$ 4 miliar atau sekitar Rp 54,7 triliun (kurs Rp 13.685).

Untuk mengantisipasi kerugian melebar, pemerintah akan memberikan diskon pesawat ke destinasi pariwisata seperti Bali, Sulawesi Utara, dan Kepulauan Riau (Kepri).

"Salah satunya seperti arahan Presiden mau memberi diskon untuk pesawat ke Bali, Sulawesi Utara, dan Kepri," kata Wishnutama usai menghadiri rapat koordinasi tingkat Menteri di kantor Kementerian PUPR, Jakarta, Jumat (7/2/2020).

Pariwisata Kena Imbas Corona, Bisakah Tiket Pesawat Domestik Didiskon?



Simak Video "Mulai Besok, Diskon Tiket Pesawat Hingga 50% Sudah Berlaku!"
[Gambas:Video 20detik]
(toy/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com