Ini Wejangan Emil Salim Supaya RI Naik Kelas di 2035

Soraya Novika - detikFinance
Senin, 17 Feb 2020 12:37 WIB
Emil Salim
Ini Wejangan Emil Salim Supaya RI Naik Kelas di 2035. Foto: Kementan
Jakarta -

Mantan menteri era Presiden Soeharto, Emil Salim, membeberkan rahasia di balik majunya suatu negara dan bagaimana hal itu bisa diterapkan di Indonesia. Menurut Emil, resep itu bila diaplikasikan oleh pemerintah secara serius, bukan tidak mungkin Indonesia mampu naik kelas selambatnya pada 2035 mendatang.

"Pendidikan manusia Indonesia ini rendah, kita berada pada urutan 63 dari 70 negara di Asia. Bahkan rata-rata orang di Jakarta yang tinggi pendidikannya, menurut studi kualitas pendidikan di Jakarta, masih berada di bawah penduduk ibu kota Vietnam, jadi human resource (SDM) wajib kita kejar terutama saat bonus demografi ini berlangsung, 2020 ke 2035 wajib tancap gas SDM nya," ujar Emil dalam Seminar LP3ES bertajuk Konsolidasi Demokrasi Menuju Keadilan Sosial di ITS Tower, Jakarta, Senin (17/2/2020).

Lebih lanjut, Emil mengatakan bahwa SDM yang maju tak hanya berkorelasi baik pada kesejahteraan suatu negara, melainkan juga sistem demokrasi dalam perpolitikan pemerintahan negara tersebut.

"Curahkan semua usaha pada SDM sebagai basis pengembangan demokrasi kita, sebab dengan manusia-manusianya yang lebih pintar, maka kualitas pemilih lebih baik, maka demokrasi pun lebih baik," sambungnya.


Untuk mencapai target pembangunan SDM yang optimal, Emil mengimbau pemerintah Kabinet Indonesia Maju saat ini untuk mengesampingkan pengeluaran yang tidak berkaitan dengan SDM Indonesia.

"Pengeluaran yang tidak related dengan SDM tunda dulu, pusatkan pada manusia Indonesia dulu, dan ini perlu overall agar kita lebih siap menghadapi masa depan Indonesia yang lebih adil, Indonesia yang lebih makmur," pungkasnya.



Simak Video "Momen Arteria Dahlan Sebut Emil Salim Sesat saat Debat Perppu KPK"
[Gambas:Video 20detik]
(ang/ang)