Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 17 Feb 2020 13:10 WIB

Bandara Kulon Progo Mau Operasi Penuh, Menhub: KAI dan Damri Harus Siap

Pradito Rida Pertana - detikFinance
Progres pembangunan Bandara Kulon Progo atau Bandara Internasional Yogyakarta hampir tuntas 100%. Yuk, Intip penampakan terkini Bandara Kulon Progo. Bandara Kulonprogo (Foto: Dok. PT Angkasa Pura I)
Sleman -

Menteri Perhubungan (Menhub) RI, Budi Karya Sumadi menyebut Yogyakarta International Airport (YIA) beroperasi penuh pada bulan Maret. Karena akses langsung ke YIA belum selesai, Budi Karya meminta KAI dan Damri meningkatkan layanan kepada pada penumpang.

"Persiapan YIA itu...akan kita operasikan kurang lebih 28 Maret, menyongsong lebaran. Kalau YIA sendiri sudah 98 persen, tinggal yang kecil-kecil saja yang diselesaikan," katanya saat ditemui wartawan di Grha Sabha Pramana UGM, Bulaksumur, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman, Senin (17/2/2020).

Lanjut Budi Karya, beroperasinya YIA secara penuh akan dibarengi dengan pemindahan rute penerbangan, khususnya mempersiapkan aksesibilitas menuju YIA. Mengingat saat ini akses langsung menuju Bandara terbesar di DIY ini belum sepenuhnya selesai.

"Hal yang penting juga aksesibilitas, kan jalan tol belum jadi, jalur Kereta Api langsung (ke YIA) belum ada. Maka saya minta 2 instansi, seperti KAI untuk membuat kereta yang setiap 1 jam ada yang berangkat dari Tugu (Stasiun Kereta Api Yogyakarta) ke (Stasiun) Wojo dan dari Wojo naik DAMRI (ke YIA)," ucapnya.

"Kedua, saya mengharuskan Damri untuk menyediakan armadanya, seperti di JCM, Hartono (Mall) dan UGM, UGM mau di lembah atau UC silakan. Jadi setiap setengah jam nanti ada Damri (beroperasi), setengah jam, ada tidak ada penumpang kendaraan harus jalan," imbuh Budi Karya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) berharap Yogyakarta International Airport (YIA) Kulon Progo bisa beroperasi penuh antara Bulan Februari atau Maret 2020. Jokowi menyebut beberapa fasilitas di YIA juga sudah siap.

"Kita harapkan nanti (YIA) bisa kita operasionalkan secara total mungkin nanti kalau nggak Februari, insyallah di Bulan Maret," ujar Jokowi usai meresmikan Underpass YIA Kulon Progo, Jumat (31/1/2020).



Simak Video "Jokowi Pastikan Bandara Kulon Progo Beroperasi Penuh saat Lebaran"
[Gambas:Video 20detik]
(dna/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com