Kementan Target Produksi Pangan Tumbuh 7% per Tahun, Begini Caranya

Soraya Novika - detikFinance
Senin, 17 Feb 2020 15:53 WIB
Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo Kabinet Kerja II
Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (Foto: Muhammad Ridho/detikcom)
Jakarta -

Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo mengatakan pihaknya tengah berupaya meningkatkan ekspor produk pertanian.

Syahrul menambahkan, hal ini dimaksudkan untuk memperbaiki neraca dagang yang selama ini tengah defisit.

"Kita akan upayakan koordinasi dengan para eksportir agar dapat memanfaatkan pasar ekspor alternatif, seperti ke India, Timur Tengah dan Rusia," ujar Syahrul dalam Rapat Kerja dengan Komisi IV DPR RI di Jakarta, Senin (17/2/2020).

Untuk mendukung upaya tersebut, Kementan juga tengah fokus meningkatkan sisi produksi pangan nasional. Upaya Kementerian Pertanian (Kementan) dalam menguatkan aktivitas produksi (on farm) maupun aktivitas pasca produksi (off farm) terus dilakukan dengan berbagai cara.

Diantaranya dengan mendorong pengusaha dan eksportir agar melipatgandakan lalu lintas ekspor pertanian menjadi tiga kali lipat.

Kepala Biro Humas dan Informasi Publik Kementan, Kuntoro Boga Andri mengatakan bahwa upaya tersebut merupakan langkah strategis dan program jangka panjang dalam meningkatkan sisi produksi hingga mencapai 7 persen pertahun.

Upaya ini sekaligus merealisasikan arahan Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo dalam mendorong roda ekonomi nasional.

"Gerakan ini merupakan bagian dari program jangka panjang yang diyakini memiliki dampak besar pada roda ekonomi nasional. Sebab, nantinya akan ada jutaan orang yang terlibat di sektor pertanian," ujar Kuntoro.

Selain itu, lanjut Kuntoro, gerakan tiga kali ekspor atau yang disebut Geratieks akan mempercepat jalanya laju ekspor komoditas pertanian menuju ekosistem pertanian yang modern.

Selanjutnya
Halaman
1 2