Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 18 Feb 2020 14:06 WIB

Menaker Kirim Utusan ke Indosat Bahas PHK 677 Karyawan

Danang Sugianto - detikFinance
Ida Fauziyah Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah/Foto: Kemnaker
Jakarta -

Kementerian Ketengarakerjaan (Kemnaker) menyoroti pemutusan hubungan kerja (PHK) yang dilakukan PT Indosat Tbk terhadap 677 karyawannya. Pemerintah akan berdialog dengan Indosat terkait hal itu.

Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah mengatakan, Indosat hingga saat ini belum menginformasikan terkait PHK ke Kemnaker. Untuk itu Kemnaker melalui Ditjen Pembinaan Hubungan Industrial dan Jaminan Sosial Tenaga Kerja (PHI JSK) akan menanyakan hal itu kepada Indosat.

"Belum, biasanya mereka menyampaikan ke Dinas Tenaga Kerja DKI. Saya sudah minta Bu Dirjen PHI saya untuk menanyakan tentang itu," ujarnya di Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (18/2/2020).

Ida mengatakan, pihaknya akan mengutus perwakilan untuk meminta Indosat mempertimbangkan lagi keputusan PHK. Jika keputusan itu sudah bulat, pemerintah ingin memastikan Indosat memenuhi semua hak karyawannya yang telah di-PHK.

"Saya sudah minta ke Dirjen PHI coba diajak bicara apakah bisa dipertahankan. Kalau tidak bisa dipertahankan bagaimana perlindungan sosialnya. Kemudian kira-kira mampu bantu akses penempatan di tempat kerja lain nggak. Saya minta pro aktif aja Bu, diajak dialog Indosat. Mudah-mudahan dalam minggu ini bisa dilakukan," tambahnya.

Sebelumnya diberitakan, Director & Chief of Human Resources Indosat Irsyad Sahroni mengatakan bahwa perusahaan menawarkan PHK kepada karyawannya. Menurutnya, mayoritas karyawan yang ditawarkan PHK telah menyatakan kesepakatan tersebut.

"Per tanggal 14 Februari 2020 kemarin, dari 677 karyawan yang terdampak, lebih dari 80% telah setuju menerima paket kompensasi ini dan kami juga menjalin kerja sama dengan mitra Managed Service untuk memberi kesempatan bagi mereka agar tetap dapat bekerja di mitra kami tersebut," ujar Irsyad dalam rilis resmi yang diterima detikcom, Sabtu, (15/02/2020).

Menaker Kirim Utusan ke Indosat Bahas PHK 677 Karyawan


Simak Video "Menaker Harap Penambahan Cuti Bersama 2020 Tingkatkan Produktivitas"
[Gambas:Video 20detik]
(das/ara)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com