Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 18 Feb 2020 16:26 WIB

Tutorial Lengkap Cara Lapor SPT Pajak

Vadhia Lidyana - detikFinance
Pelaporan SPT Pajak Foto: Tim Infografis, Nadia Permatasari
Jakarta -

Batas waktu pelaporan Surat Pemberitahuan (SPT) pajak tahun 2019 untuk Wajib Pajak (WP) Orang Pribadi (OP) jatuh pada 31 Maret 2020. Sedangkan, untuk WP badan jatuh pada 30 April 2020.

Sebelum memasuki penghujung waktu di atas, sebaiknya Warga Negara Indonesia (WNI) yang sudah memiliki Nomor Peserta Wajib Pajak (NPWP) segera mengisi laporan SPT 2019. SPT Tahunan biasanya dilaporkan sekali dalam setahun. Caranya pun mudah, yakni cukup dengan mengakses laman di internet.

Berikut cara mengisi SPT tahunan yang dirangkum detikcom:

Masuk ke tahap pelaporan. Pertama, wajib pajak masuk ke situs djponline.pajak.go.id. Kalau sulit, silakan masuk ke situs resmi Ditjen Pajak yaitu pajak.go.id, baru selanjutnya klik pelaporan SPT online e-filing.

Kedua, wajib pajak masukkan nomor NPWP dan password serta kode keamanan ke dalam kolom yang tersedia. Bila lupa password, maka wajib pajak bisa memilih untuk reset password.

SPT PajakSPT Pajak Foto: Internet

Wajib pajak bakal mendapat pilihan e-filing dan e-form. Silakan pilih salah satu.

SPT PajakSPT Pajak

Ketiga, pada laman ini wajib pajak bisa melihat petunjuk di sebelah kiri. Untuk langsung pelaporan, maka wajib pajak silakan klik kolom buatSPT pada sebelah kanan.

SPT PajakSPT Pajak

Akan ada beberapa pertanyaan yang harus dijawab oleh wajib pajak sesuai profilnya. Ini bertujuan untuk memastikan formulir yang akan digunakan oleh wajib pajak. Agar memudahkan selanjutnya klik kolom dengan panduan.

SPT PajakSPT Pajak Foto

Klik halaman selanjutnya>>>

Selanjutnya
Halaman
1 2
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com