Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 26 Feb 2020 18:01 WIB

Ada Anggaran Rp 72 M untuk Influencer, Dipakai Buat Apa Sih?

Hendra Kusuma - detikFinance
Penipuan Ala Influencer Instagram di Indonesia Merajalela Ilustrasi/Foto: DW (SoftNews)
Jakarta -

Pemerintah telah mengalokasikan dana sebesar Rp 72 miliar untuk influencer asing yang datang ke Indonesia. Dana tersebut merupakan insentif berbentuk potongan atau diskon tiket pesawat ke 10 destinasi yang ditetapkan pemerintah.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto mengatakan para influencer asing ini nantinya akan menerima diskon tiket pesawat sebesar US$ 50 per orang atau setara Rp 700.000 (kurs Rp 14.000).

"Wisman kalau dari AS atau Australia itu setiap orang begitu ke Indonesia dapat US$ 50," kata Airlangga usai menghadiri acara Economic Outlook 2020 yang diselenggarakan CNBC Indonesia di Ritz Carlton, Pacific Place, Jakarta, Rabu (26/2/2020).

Pemerintah sendiri menyediakan dana Rp 10,3 triliun untuk sederet insentif di tengah-tengah merebaknya virus corona. Khusus di sektor pariwisata, pemerintah menganggarkan Rp 298,5 miliar.

Secara rinci, dana tersebut merupakan insentif untuk maskapai dan travel agent sebesar Rp 98,5 miliar, anggaran promosi wisata Rp 103 miliar, kegiatan pariwisata Rp 25 miliar, dan influencer Rp 72 miliar.

Pemerintah sendiri telah menetapkan 10 destinasi pariwisata yang mendapatkan insentif bagi wisatawan asing. Sebanyak 10 destinasi pariwisata yakni Danau Toba, Yogyakarta, Malang, Manado, Bali, Mandalika, Labuan Bajo, Bangka Belitung, Batam, dan Bintan.

Meski demikian, Mantan Menteri Perindustrian ini bilang ketentuan pemberiannya akan diatur oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

"Itu semuanya di pariwisata, karena itu bagian dari paket wisman (wisatawan mancanegara) dan wisnus (wisatawan nusantara). Teknisnya dengan industri pariwisata, airline masing-masing. Kita akan dorong bahwa paket paket ini leading sektornya di menteri pariwisata," tegasnya.



Simak Video "Kasus WNI Positif Corona Kini Mencapai 309"
[Gambas:Video 20detik]
(hek/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com