Ada Wabah Corona, Pusat Perbelanjaan di DKI Terancam Sepi

Trio Hamdani - detikFinance
Senin, 02 Mar 2020 12:46 WIB
Sejumlah warga ramai-ramai menggunakan masker di Terminal 3, Bandara Soekarno Hatta, Tangerang. Hal itu dilakukan untuk antisipasi virus corona.
Ilustrasi/Foto: Rifkianto Nugroho
Jakarta -

Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) DKI Jakarta Diana Dewi menilai pusat-pusat perbelanjaan bisa sepi pengunjung menyikapi pernyataan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang mengatakan dalam kurun satu bulan ada 115 orang dalam pemantauan terkait virus corona COVID-19.

Hal itu bisa membuat masyarakat takut berkunjung ke pusat-pusat keramaian, termasuk tempat berbelanja.

"Dengan adanya berita sebagai gubernur ya yang bicara, ya tentunya masyarakat yang akan terpengaruh, akhirnya ke pusat perbelanjaan kurang, itu kan akhirnya perekonomian juga akan terhambat ya," kata dia saat dihubungi detikcom, Senin (2/3/2020).

Namun sejauh ini belum kelihatan adanya tren penurunan pengunjung pusat perbelanjaan imbas heboh virus corona.

Pihaknya pun mengimbau agar para konsumen tidak khawatir untuk datang ke pusat-pusat perbelanjaan. Dia berharap Jakarta tetap aman dari ancaman virus corona.

"Untuk masyarakat tidak usah khawatir, silahkan kalau ada kegiatan, cuma berusaha preventif saja dengan kebersihan, saling menjaga, kemudian sekarang ini kalau ketemu orang lain dihindari dengan mungkin bersentuhan," tambahnya.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebelumnya mengatakan, dalam kurun satu bulan, ada 115 orang dalam pemantauan terkait virus Corona COVID-19. Selain itu, Dinas Kesehatan DKI Jakarta tengah mengawasi 32 orang terkait virus mematikan yang berasal dari Wuhan, China, ini.

"Sekarang saya bicara Corona. Ada beberapa hal, sampai saat ini, selama satu bulan lebih di DKI ada 115 orang yang dalam pemantauan dan ada 32 orang pasien dalam pengawasan. Ini semua mengikuti kriteria yang ditetapkan oleh Menteri Kesehatan," ujar Anies di sela acara HUT Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Keselamatan (Gulkarmat) Provinsi DKI Jakarta ke-101, Jakarta Pusat, Minggu (1/3/2020).



Simak Video "Imbas Varian Omicron, Jerman Perketat Perjalanan dari Afrika Selatan"
[Gambas:Video 20detik]
(toy/eds)