PD Pasar Jaya Guyur 1 Juta Masker, Harga Turun Jadi Rp 125.000

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Kamis, 05 Mar 2020 18:31 WIB
Penjualan Masker di Pasar Pramuka
Foto: Penjualan Masker di Pasar Pramuka (Hendra Kusuma/detikcom)
Jakarta -

PD Pasar Jaya mengguyur 1 juta masker lewat operasi pasar di Pasar Pramuka, Jakarta Timur. Masker dijual murah Rp 2.500 per lembar atau Rp 125.000 per box.

Dengan membanjiri stok masker di pasar, diharapkan harganya bisa lebih terjangkau. Direktur Utama PD Pasar Jaya, Arief Nasrudin menargetkan harga masker bisa turun menjadi Rp 125.000 per box.

"Saat ini kita mau yang wajar aja, Rp 125 ribu per box. Memang sebelum corona harga lebih Rp 80 ribu-an per box. Tapi memang sudah langka maka harganya sedikit mahal," kata Arief di Pasar Pramuka, Jakarta Timur, Kamis (5/3/2020).

Penelusuran terakhir detikcom di Pasar Pramuka, Jakarta Timur, Rabu kemarin (4/3/2020), beberapa toko kedapatan menjual harga masker sekitar Rp 300.000-Rp 480.000 per box berisi 50 lembar.

Arief mengatakan mekanisme pasar akan berjalan, sehingga harga pasaran masker akan turun. Dia mengatakan apabila ada harga barang murah dengan stok banyak di pasar maka akan memicu penurunan harga di pasar.

"Memang nggak bisa in one short night. Tapi mekanisme pasar pasti terjadi kok, kalau ada harga lebih murah di pasar, stoknya banyak, pasti semua akan turun, jadi nggak usah ragu," kata Arief.

Soal harga di pasar, menurut Arief pihaknya sudah meminta agar pedagang tidak menjual harga tinggi. Dia juga meminta Kepolisian untuk ikut menjaga harga masker.

"Harapan saya nggak ada spekulan lagi, saya akan ajak aparat kepolisian untuk cari barangnya kalau ada yang mau spekulan. Kami juga sudah ada kesepakatan sama pedagang agar tidak ada spekulan," kata Arief.



Simak Video "Beli Masker di Pasar Pramuka Kini Cuma Boleh Maksimal 5 Boks"
[Gambas:Video 20detik]
(ara/ara)