Rizal Ramli Prediksi Ekonomi RI Bisa Cuma 3% Gara-gara Corona

Faiq Azmi - detikFinance
Minggu, 08 Mar 2020 23:00 WIB
Rizal Ramli di semarang, 2/3/2019
Foto: Angling Adhitya Purbaya/detikcom
Surabaya -

Wabah virus corona di dunia, diprediksi akan membuat pertumbuhan ekonomi Indonesia ikut terhambat. Ekonom Rizal Ramli memprediksi pertumbuhan ekonomi akan turun di tahun 2020.

"Corona datang itu sebenarnya baru saja. Memang berpengaruh, tapi dari sebelumnya ekonomi Indonesia sudah bermasalah," kata Rizal di Surabaya Town Square, Minggu (8/3/2020).

Rizal memprediksi pertumbuhan ekonomi Indonesia di tahun 2020 akan mentok di angka 4%. Namun dia tidak yakin, angkanya bisa lebih dari itu.

"Kalau ada pejabat ngomong lebih dari 4% itu pejabat ngibul. Coba kita lihat aja, jangan ngibul," terangnya.

Mantan Menteri Koordinator Kemaritiman tersebut melihat, bila wabah corona menjadi sangat serius, pertumbuhan ekonomi Indonesia akan kembali tergerus.

"Kalau corona ini serius banget, ekonomi kita turun lagi 1 persen. Bisa-bisa ekonomi kita tumbuh di angka 3 persen saja," tegasnya.

Ia melihat, pemerintah Indonesia saat ini terlalu jumawa dalam mengambil setiap kebijakan. Padahal, menurutnya, pemerintah tidak benar-benar mengerti persoalan yang terjadi.

"Ya kalau terus begini, tidak lama sesuatu yang besar akan terjadi. Krisis ekonomi akan menciptakan suatu perubahan, ya tentu saja perubahan politik," katanya.



Simak Video "Menko Perekonomian: Minus 3,4%, Kuartal III RI Capai Tren Positif"
[Gambas:Video 20detik]
(eds/eds)