Impor Bawang Bombai Dibuka 2.000 Ton

Danang Sugianto - detikFinance
Rabu, 11 Mar 2020 20:00 WIB
Bawang putih impor dari China
Foto: Imam Suripto/detikcom
Jakarta -

Wabah virus corona yang begitu menghebohkan membuat pasokan beberapa komoditas bahan pangan berisiko menimbulkan masalah. Untuk mengantisipasinya pemerintah akan mempercepat proses impor, termasuk bawang putih.

Menteri Perdagangan Agus Suparmanto menjelaskan, khusus bawang putih nantinya akan dikeluarkan izin impor jika dibutuhkan. Jika harga terlihat naik, proses izin impor bawang putih akan dipercepat sesuai arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Bawang putih sudah dikeluarkan nanti apa bila masih tinggi dan lambat proses nanti keluarkan kebijakan sesuai arahan presiden. Mempercepat pengadaan impornya," ujarnya di kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (11/3/2020).

Untuk impor bawang putih, pemerintah masih mempertimbangkan kebijakan apa yang akan diambil. Dalam waktu dekat akan diambil keputusan untuk menjaga harga jelang Ramadhan. Termasuk siapa yang akan diberikan izin impornya.

"Nanti dilihat dalam 1-2 minggu ini kebijakan apa yang diambil. Tapi akan dipercepat semua. Sesuai arahan beliau percepat impor terutama komoditas yang dibutuhkan sekali," tambahnya.

Untuk komoditas lainnya seperti bawang bombai yang harganya sudah meningkat drastis, pemerintah sudah mengeluarkan izin impor dan sudah masuk 2 ribu ton. Tujuannya untuk mengamankan pasokan jelang Ramadhan.

"Berkaitan bawang bombai sudah dikeluarkan dan sisanya nunggu secepatnya. Yang masuk kemarin 2 ribu. Sisanya hari ini atau besok. Dapat info akan masuk," tutupnya.





Simak Video "Sebaran Kasus Baru Covid-19 Hari Ini, Jakarta Terbanyak"
[Gambas:Video 20detik]
(das/fdl)