Bagaimana Kesiapan Rumah Sakit Rujukan Pemerintah Hadapi Corona?

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Minggu, 15 Mar 2020 20:45 WIB
Dampak Corona ke Ekonomi
Foto: Dampak Corona ke Ekonomi (Tim Infografis Fuad Hasim)
Jakarta -

Virus corona menjadi perhatian serius pemerintah. Sebab, virus ini telah memakan korban.

Pemerintah pun menyiapkan delapan rumah sakit rujukan di Jakarta untuk melawan virus tersebut. Bagaimana kesiapannya?

detikcom yang khawatir dengan sebaran virus ini pun mencoba layanan tersebut di RSPAD Gatot Soebroto, Minggu (15/3/2020). Namun, berdasarkan keterangan resepsionis, rumah sakit tidak melayani pemeriksaan di hari Minggu.

Rumah sakit melayani pemeriksaan dari hari Senin hingga Sabtu. Untuk pelayanan Senin sampai Jumat dari pukul 07.00 hingga 15.00 WIB. Hari Sabtu, layanan tutup lebih cepat.

detikcom pun mencari tahu kondisi rumah sakit lain melalui hotline Covid 119 ext 9. Dari ujung telepon, petugas mengatakan, layanan pemeriksaan tergantung kebijakan masing-masing rumah sakit. Meski demikian, petugas akan memberikan informasi terkait kontak rumah sakit.

"SOP tergantung dari pihak rumah sakit, kami tidak ada informasi apakah setiap hari ada pemeriksaan swab, atau hanya sampai Sabtu," kata petugas.

Rumah sakit yang melayani pemeriksaan di hari Minggu salah satunya ialah RSPI Sulianti Saroso. Untuk mendapat pemeriksaan, petugas akan memberikan nomor antrean. Petugas akan memanggil secara berurutan.

Layanan dilakukan di sisi kanan rumah sakit bagian luar. Di sana, orang yang diperiksa akan ditanya mengenai kondisi kesehatannya, apakah batuk, demam atau sakit lainnya. Kemudian, akan ditanya juga apakah ada riwayat dengan penderita virus corona.

Jika perlu mendapat pemeriksaan lanjutan, maka akan digiring ke instalasi gawat darurat (IGD).



Simak Video "Kasus Positif Corona di Jerman Tembus 1 Juta"
[Gambas:Video 20detik]
(acd/dna)