Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 18 Mar 2020 15:05 WIB

Sri Mulyani: Belanja Naik karena Corona, Perjalanan Dinas Turun

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Sri Mulyani Foto: Instagram @smindrawati
Jakarta -

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengungkapkan total belanja pemerintah hingga Februari mencapai Rp 161,7 triliun. Angka ini tumbuh 11% dibandingkan tahun lalu.

"Dari sisi belanja kinerja kita sudah belanjakan Rp 161,7 triliun atau 9,6% dari total GDP," kata Sri Mulyani dalam video conference, Rabu (18/3/2020).

Sri Mulyani merinci, total belanja kementerian dan lembaga (K/L) naik 17,8%, belanja pegawai tumbuh 4,6%. Kemudian bantuan sosial PBI yang sudah dibayarkan sampai Maret mencapai Rp 31,9 triliun.

"Belanja barang signifikan karena Covid. Teman-teman lihat perjalanan dinas dalam dan luar negeri drop," tuturnya.

Biaya perjalanan dinas turun sebesar 7,5% dan bisa digunakan untuk penanganan virus corona.

Selain itu, ada juga beberapa K/L yang mengalami peningkatan belanja, di antaranya Kementerian Pertahanan untuk operasi militer, intelijen, pendidikan, dan pelatihan. Kemudian ada Kementerian PUPR untuk membangun dan merehabilitasi pasar, sarana prasarana pendidikan, dan jembatan.

Ketiga, ada Polri untuk penanganan tindak pidana umum, terorisme, narkoba, ekonomi khusus, dan korupsi. Serta pembinaan potensi keamanan. Terakhir, Kementerian Perhubungan untuk layanan lalu lintas dan angkutan laut.



Simak Video "Nasib Omnibus Law Kini di Tangan DPR"
[Gambas:Video 20detik]
(ara/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com