Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 18 Mar 2020 16:42 WIB

HIPMI DKI Tunda Cari Ketua Umum Baru

Soraya Novika - detikFinance
Pemprov DKI Jakarta melakukan beberapa langkah pencegahan penyebaran virus corona. Salah satunya dengan tak keluarkan izin keramaian untuk kegiatan besar. Ilustrasi DKI Jakarta
Jakarta -

Badan Pengurus Daerah Himpunan Pengusaha Muda Indonesia DKI Jakarta Raya (HIPMI Jaya) menunda pemilihan Ketua Umum baru masa bakti 2020-2023. Rencana awalnya, pemilihan tersebut bakal berlangsung pada hajatan 3 tahun sekali yaitu dalam Musyawarah Daerah (MUSDA) XVII HIPMI Jaya yang akan diadakan pada 15 April 2020 mendatang.

"Menyikapi perkembangan penyebaran virus corona yang semakin hari semakin mengkhawatirkan, dalam hal ini panitia pengarah juga mendapat arahan dari Gubernur DKI Jakarta dan Ketua Umum BPD HIPMI Jaya, untuk menunda pelaksanaan MUSDA tersebut. Hal ini merupakan kondisi force majeur yang ada di luar kuasa kami selaku penyelenggara kegiatan," ujar Ketua Panitia Pengarah MUSDA XVII HIPMI Jaya Lexyndo Hakim dalam keterangan resmi yang diterima detikcom, Rabu (18/3/2020).

Adapun tahapan MUSDA yang sebelumnya telah berjalan terdiri dari Pendaftaran Bakal Calon Umum HIPMI Jaya dari tanggal 23 Januari 2020 dan ditutup tanggal 23 Februari 2020, verifikasi dan klarifikasi terhadap dokumen pendataran bakal calon ketua umum, penetapkan Bakal Calon Ketua Umum menjadi Calon Ketua Umum, selanjutnyan yaitu tahapan presentasi Pokok-Pokok Pikiran kepada Tim Nominasi dan Steering Committe (SC), pengambilan nomor urut, penandatanganan pakta integritas dan penyampaian visi misi caketum di depan anggota, dan tahap kampanye sampai menjelang MUSDA.

"Kalau dilihat dari tahapan MUSDA tersebut, ada beberapa kegiatan yang belum terlaksana antara lain kuliah-kuliah umum, debat Calon Ketua Umum dan puncaknya yaitu pelaksanaan MUSDA dimana salah satu agendanya yaitu pemilihan Ketua Umum HIPMI Jaya Masa Bakti 2020-2023," sambungnya.

Sementara itu, Ketua Umum HIPMI Jaya Afifuddin Suhaeli Kalla mengatakan keputusan penundaan itu diambil dengan mempertimbangkan hasil pertemuan asosiasi serta pimpinan perusahaan dalam acara 'Sosialisasi Terkait Peningkatan Kewaspadaan Terhadap Risiko Penularan Infeksi COVID-19' yang diadakan di Balaikota DKI Jakarta pada Kamis (12/3) lalu.

"Menyikapi dan menghindari hal-hal yang tidak kita inginkan terkait penularan COVID-19, maka BPD HIPMI Jaya mengeluarkan surat Instruksi Organisasi di antaranya adalah BPD HIPMI Jaya menunda semua acara yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat atau yang akan diadakan beberapa waktu depan dan BPD HIPMI Jaya menghimbau ke seluruh Anggota BPD HIPMI Jaya, untuk selalu menjaga kesehatan dan mentaati hal-hal yang sudah diatur oleh pemerintah," tutur Afifuddin.

Adapun tiga Calon Ketua Umum yang akan bertarung dalam MUSDA XVII HIPMI Jaya mendatang adalah Andi Indra Hardiansyah Rukman di nomor urut 1, Noor Sona Maesana Mushonnif di nomor urut 2 dan Muhamad Alipudin di nomor urut 3.



Simak Video "Jokowi Minta Pengusaha Manfaatkan Revolusi Konsumen"
[Gambas:Video 20detik]
(fdl/fdl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com