RI Ogah Lockdown Seperti Malaysia, Ini Alasannya

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Rabu, 18 Mar 2020 22:00 WIB
Menko Kemaritiman, Luhut Binsar Pandjaitan saat wawancara untuk detikcom di acara Blak-blakan, Kamis (19/7).
Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan/Foto: Rachman Haryanto
Jakarta -

Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menegaskan isolasi wilayah alias lockdown demi mencegah penyebaran corona (covid-19) belum dibutuhkan di Indonesia. Dia mencontohkan China dan Korea Selatan saja sudah mulai membaik dari masalah corona tanpa lockdown negara masing-masing.

Menurut Luhut, kunci utamanya adalah masyarakat harus disiplin menjalankan anjuran dan imbauan pemerintah.

"Belum sampai ke kondisi itu (lockdown) tadi saya bicara, tadi teleconfrence sama beberapa menteri. Kita lihat betapa China pulih dan membaik karena disiplin. Bagaimana Korea Selatan membaik karena disiplin juga," ungkap Luhut dalam video conference bersama wartawan, Rabu (18/3/2020).

Pemerintah juga menghitung berbagai aspek saat membuat kebijakan, termasuk dalam memilih untuk tidak melakukan lockdown. Luhut meminta masyarakat terus mematuhi anjuran dan imbauan pemerintah soal pencegahan virus corona.


"Jadi mematuhi imbauan dan anjuran pemerintah tidak mencari salah sana sini. Pemerintah tentu hitung semua aspeknya," kata Luhut.

Dia menambahkan pemerintah dalam mengambil keputusan juga melihat dan mendengar masukan dari berbagai sudut. Maka kesimpulan yang dibuat adalah yang terbaik.

"Kalau di luar melihat satu angle saja, pemerintah lihat dari berbagai sudut. Maka kesimpulan yang dibuat, maka kebijakan yang dibuat juga mendekati terbaik," pungkas Luhut.



Simak Video "Kasus Corona di India Telah Lebih dari 1 Juta Orang Terinfeksi"
[Gambas:Video 20detik]
(hns/hns)