Follow detikFinance Follow Linkedin
Jumat, 20 Mar 2020 16:30 WIB

BUMN Juga Mau Datangkan Alat Tes Corona dari Swiss

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Corona Foto: Ilustrator: Fuad Hasim
Jakarta -

Menteri BUMN Erick Thohir menyatakan, pihaknya akan mendatangkan alat tes corona dari Swiss. Alat tes corona ini akan tiba di Indonesia pada akhir bulan ini.

"Dari Swiss itu kita juga sudah order dan akhir bulan ini datang dan kita akan lakukan bantuan-bantuan," katanya dalam teleconference, Kamis (20/3/2020).

Erick belum membeberkan seberapa banyak alat yang akan didatangkan. Meski demikian, dia menjelaskan, alat tes corona sendiri terdiri dari dua macam.

Pertama, tes corona yang digunakan untuk menguji air liur. Kedua, untuk mengecek darah.

Erick bilang, pihaknya memprioritaskan alat tes corona dari air liur. Alat itu akan digunakan rumah sakit.

"Jadi alat test kit ada dua macam, ada yang air liur apakah dari tenggorokan atau dari hidung, ada juga yang darah. Kita memperioritaskan air liur karena air liur ini akan dipergunakan untuk rumah sakit," jelas Erick.

"Kalau yang darah katanya, saya bukan ahlinya ya, bisa dipergunakan oleh siapapun dan standarnya juga saya juga tidak tahu. Standardnya berbeda beda. Tetapi kalau air liur ini harus standar yang kita pastikan. Karena nanti ada di rumah sakit-rumah sakit," sambungnya.

Pertimbangan Erick memilih Swiss karena ingin menjaga kualitas. Kemudian, dalam pengadaan alat kesehatan itu melibatkan tim kedokteran.

"Kita terima kasih mendapat bantuan dari Singapur yang gratis berupa test kit ini. Lalu yang kita beli juga dari Swiss. Saya tidak mau bahas merk karena kalau bicara merk, obat ada merk, takutnya jadi apalah, salah dan benar," jelasnya.





Simak Video "BUMN Berniat Gabungkan Holding Rumah Sakit Plat Merah"
[Gambas:Video 20detik]
(acd/fdl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com