Follow detikFinance Follow Linkedin
Sabtu, 21 Mar 2020 21:00 WIB

Anies Minta Setop Kegiatan Kantor, Bagaimana Pegawai Sektor Ritel?

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Dampak Corona ke Ekonomi Foto: Dampak Corona ke Ekonomi (Tim Infografis Fuad Hasim)
Jakarta -

Seiring dengan meningkatnya virus corona di Jakarta, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meminta perusahaan menghentikan kegiatan perkantoran dan bekerja dari rumah.

Sementara itu, pengusaha ritel sendiri mengatakan akan tetap mempekerjakan karyawan di toko-toko. Hal ini dilakukan untuk tetap bisa melayani kebutuhan pokok masyarakat.

"Untuk bidang operasional di toko ritel semuanya kami normal. Kami tetap membuka karena kami harus pastikan kebutuhan pokok masyarakat terpenuhi," kata Ketum Asosiasi Peritel Indonesia (Aprindo) Roy Mandey kepada detikcom, Sabtu (21/3/2020).

Meski masih menugaskan pekerjanya di tengah wabah corona, pengusaha toko ritel diminta membuat standar oeprasional. Salah satunya adalah memberikan jarak antara kasir dengan pembeli.


"Kami pun melakukan protap covid 19, hal ini juga untuk meminimalisir penyebaran virus meski kita buka toko. Misalnya, bayar di kasir harus jarak 1 meter, kita kasih tanda batasnya di lantai," jelas Roy.

Para pekerja yang bertugas di toko ritel diberikan juga harus dilengkapi masker dan sarung tangan karet. Dia juga mengatakan semua yang masuk toko akan dicek temperatur tubuhnya terlebih dahulu.

"Kemudian tenaga kasir dan yang ada di toko kita wajibkan dan sediakan memakai masker dan sarung tangan karet. Ada juga kita wajibkan semua orang yang mau masuk dicek dulu pakai thermo gun, itu protap kita," kata Roy.

Sementara itu, bagi pegawai perusahaan toko ritel yang bisa melakukan pekerjaan di rumah dengan modal internet, Roy mengatakan diperbolehkan bekerja dari rumah.

"Untuk administrasi dan pekerjaan staffing di kantor pusat dan cabang yang berhubungan masalah monitor dan pekerjaan yang bisa dilakukan internet kami terapkan work from home," ungkap Roy.

"Pokoknya yang berhubungan dengan monitoring, administrasi, accounting, ini akan kita lakukan di rumah agar penyebaran covid makin berkurang," sambungnya.



Simak Video "Anies Ungkap Fase Penting DKI Menuju Normal yang Baru"
[Gambas:Video 20detik]
(hns/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com