Lawan Corona, Cisco Gelontorkan Bantuan Rp 3,7 T

Aulia Damayanti - detikFinance
Senin, 23 Mar 2020 15:41 WIB
Mata uang dolar Amerika Serikat (AS) menjadi salah satu mata uang yang diakui sebagai mata uang dunia. Penasaran dengan wujud dan proses pembuatannya?
Foto: Reuters
Jakarta -

Cisco, perusahaan telekomunikasi global, memberikan bantuan US$ 225 juta atau sekitar Rp 3,7 triliun (kurs Rp 16.608) untuk memerangi virus corona (COVID-19).

Melansir dari CNBC, melansir postingan blog yang ditulis oleh CEO Cisco System, Chuck Robbins, perusahaan asal AS itu menggelontorkan bantuan dalam bentuk tunai hingga barang demi menghadapi krisis virus corona ini.

"US$ 225 juta adalah dalam bentuk tunai, dalam bentuk barang, dan pemberian yang direncanakan untuk mendukung respons global dan lokal terhadap COVID-19," kata Robbins pada postingan blognya, Minggu (22/3/2020).

Robbins mengungkapkan dana tersebut akan dialokasikan dalam bentuk tunai sebesar Rp 134 miliar (US$ 8 juta) dan sebesar Rp 3 triliun (US$ 210 juta) dalam produk bantuan.

"Sebagai bagian dari komitmen kami, kami mengalokasikan US$ 8 juta dalam bentuk tunai dan US$ 210 juta dalam produk bantuan. Kami memfokuskan sumber daya ini untuk mendukung layanan kesehatan dan pendidikan, respons pemerintah dan teknologi kritis," jelas Robbins dalam postingannya.

Selain itu, Robbins juga mengungkap sebagian dari dana tersebut akan diberikan juga kepada United Nations Foundation's COVID-19 Solidarity Response Fund dan World Health Organization's (WHO) di seluruh dunia untuk membantu mencegah, mendeteksi, dan mengelola penyebaran virus corona.

Upaya baru dari Cisco ini dilakukan saat para perusahaan di Silicon Valley telah mulai berinvestasi ke dalam berbagai kelompok dalam menghadapi imbas virus corona, yang telah menyebar ke 50 negara bagian negeri Paman Sam.


Robbins baru-baru ini menjadi tuan rumah sebuah pertemuan dengan para pemimpin bisnis teknologi yang juga melibatkan Silicon Valley. Pertemuan itu dilakukan untuk membahas cara-cara mereka untuk menggunakan uang mereka dan sumber daya yang luas untuk membantu menangkis virus corona.

Para CEO dan eksekutif dari Facebook, Apple, San Francisco 49ers, Twitter, Netflix, Alfabet dan Salesforce turut andil dalam pertemuan ini.

Sejak itu, Facebook telah mengumumkan akan menawarkan Rp 1,6 triliun (US$ 100 juta) dalam bentuk hibah tunai dan subsidi iklan untuk 30.000 usaha kecil yang memenuhi syarat.

Raksasa media sosial itu juga memberikan bonus Rp 16 juta (US$ 1.000) kepada setiap karyawan mereka yang saat ini bekerja di rumah.



Simak Video "Update Corona 30 Maret: Tambah 4.682 Kasus Baru"
[Gambas:Video 20detik]
(ang/ang)