Pengusaha Kumpulkan Rp 500 Miliar buat Lawan Corona

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Selasa, 24 Mar 2020 11:27 WIB
Ketua Umum Kadin Indonesia, Rosan P. Roeslani (tengah) didampingi Dubes Brasil utk Indonesia H.E. Mr. Ruben Antonio Correa Barbosa (ketiga kiri), anggota Komite Kadin untuk Brazil Igor Worang (kiri), anggota Komite Kadin Budi Handoko (kedua kiri), Ketua Kadin Bidang Hubungan Internasional Shinta Kamdani (keempat kanan), Ketua Kadin komite untuk Brasil Anderson Tanoto (ketiga kanan), Anggota Komite Kadin Chandy kusuma (kedua kanan) dan Anggota Komite Kadin Wahjudi Gunawan (kanan) berjabat tangan bersama usai pelantikan Kadin Komite Brazil di Jakarta, Rabu (2/5). Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia melantik Kadin Indonesia Komite Brazil tersebut sebagai sebuah komitmen untuk memperkuat kemitraan strategis, ekonomi bilateral dan hubungan bisnis antara Indonesia dan Brazil.
Ketua Umum Kadin Indonesia Rosan Roeslani/Foto: Grandyos Zafna
Jakarta -

Pengusaha tergabung dalam Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia bersama Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia menggalang dana untuk melawan virus corona. Target dana yang digalang ialah Rp 500 miliar.

Ketua Umum Kadin Indonesia Rosan Roeslani mengatakan, dari target tersebut sudah terkumpul sekitar Rp 300 miliar.

"Kita memang menggalang dana dengan target Rp 500 miliar. Alhamdulillah sampai saat ini cash kita sudah terkumpul Rp 300 miliar lebih dikit," katanya dalam teleconference, Selasa (24/3/2020).

Rosan mengatakan, dana tersebut sementara ini berasal dari pengusaha besar. Meski demikian, pihaknya tak menutup dari pengusaha yang lain.

"Kita melibatkan hampir semua pengusaha di Indonesia, memang saat ini pengusaha yang besar. Kita juga mengimbau pengusaha daerah maupun pengusaha yang mempunyai keinginan kemampuan berkontribusi kami tentunya sangat terbuka," paparnya.

Rosan melanjutkan, bantuan itu disalurkan lewat beberapa pihak seperti BNPB dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Kemudian, wujud bantuannya seperti APD, masker, dan lain-lain.

"Dalam kesempatan ini kita ingin berpartisipasi Wisma Atlet kita sudah berikan 5000 tes kit kepada Wisma Atlet," ujarnya.

Dengan penggalangan dana ini, Rosan berharap bisa meringankan beban masyarakat.

"Harapannya saat seperti ini bergotong royong bersatu-padu meringankan beban dari negara yang kita hadapi. Tentunya kita akan komunikasi dengan Pak Menteri (Menteri BUMN) apalagi yang kita lakukan bersama-sama sebagai wujud kemanusiaan kepada rakyat yang mengalami corona virus," tutupnya.



Simak Video "Sebaran Kasus Aktif Corona RI Per 4 Oktober, Terbanyak di Jakarta"
[Gambas:Video 20detik]
(acd/ara)