Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 26 Mar 2020 07:56 WIB

⁩Daftar Barang Bebas Impor untuk Penanganan Corona

Vadhia Lidyana - detikFinance
Jumlah total kasus virus Corona atau Covid-19 di Korsel telah mencapai 7.513 kasus. Korsel pun terus berperang melawan Corona karena jumlah pasien terus bertambah. Foto: Getty Images/Chung Sung-Jun
Jakarta -

Aturan pembebasan impor untuk produk alat kesehatan (alkes) yang digunakan dalam menangani virus corona (COVID-19) akhirnya terbit.

Pembebasan itu tertuang dalam Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) Nomor 28 Tahun 2020 tentang Perubahan Kedelapan Atas Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 87 M-DAG/PER/10/2015 Tentang Ketentuan Impor Produk Tertentu.

Dengan pembebasan tersebut, importir mendapatkan pengecualian atas Laporan Surveyor (LS) di negara asal atau pelabuhan muat, dan pembatasan pelabuhan masuk. Artinya, impor atas produk-produk tersebut tidak memerlukan perizinan apapun.

Lalu, pengapalan produk-produk tertentu tersebut hanya perlu dibuktikan dengan Bill of Loading (B/L). Ketentuan ini berlaku hingga 30 Juni 2020.

"Melalui Permendag ini, Kemendag melakukan relaksasi atau kemudahan impor produk tertentu, khususnya terkait importasi produk alat kesehatan dan alat pelindung diri. Produk-produk tersebut adalah masker, pakaian medis, sarung tangan, dan alat kesehatan lainnya," jelas Menteri Perdagangan Agus Suparmanto, dalam keterangan tertulis Kementerian Perdagangan, dikutip Rabu (25/3/2020).

Daftarnya di halaman berikutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Demi Jaga Pasokan, Pemerintah Bebaskan Impor Bawang Putih"
[Gambas:Video 20detik]
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com