Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 26 Mar 2020 19:30 WIB

Kapan Waktu yang Tepat Meninjau Portofolio Investasi?

Aulia Damayanti - detikFinance
Ilustrasi Reksa Dana Foto: Dok Bank Mega
Jakarta -

Investasi bukan hanya soal menentukan portofolio, tapi kita juga perlu mengkaji atau me-review secara berkala portofolio investasi tersebut.

Hal ini sangat penting karena bila review portofolio investasi tidak dilakukan, maka ada potensi mengganggu tujuan awal berinvestasi. Dengan melakukan review, kita dapat menyesuaikan portofolio investasi ke jalur yang sesuai dengan tujuan awal.

Head of Investment Specialist PT Manulife Aset Manajemen Indonesia (MAMI) Freddy Tedja menjelaskan saat memutuskan untuk mulai berinvestasi, maka investor sudah harus mengetahui tujuan utamanya.

"Nah, ketika kita sudah menentukan tujuan keuangan yang akan kita capai, penting untuk melakukan diversifikasi atas portofolio investasi kita," kata Tedja dalam keterangannya, Kamis (26/3/2020).

Tujuannya me-review portofolio investasi tersebut ialah, apabila ternyata satu produk hasilnya tidak sesuai yang direncanakan, diharapkan produk lainnya mampu memberikan hasil yang lebih optimal di setiap kondisi pasar yang terjadi.

Bila Anda investor yang agresif, maka Anda bisa menempatkan portofolionya di reksa dana saham sekitar 70%, sisanya bisa ditempatkan di reksa dana lain misalnya pasar uang atau pendapatan tetap.

Namun bila Anda investor konservatif, maka sekitar 50% portofolio Anda bisa ditempatkan pada reksa dana pendapatan tetap dan sisanya bisa pada reksa dana lain.

Selanjutnya
Halaman
1 2
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com