Follow detikFinance Follow Linkedin
Jumat, 27 Mar 2020 14:14 WIB

Bagaimana Memastikan PNS Kerja dari Rumah dan Nggak Keluyuran?

Trio Hamdani - detikFinance
Virus corona: Bagaimana Covid-19 memaksa terjadinya eksperimen kerja dari rumah secara nasional Ilustrasi/Foto: BBC Magazine
Jakarta -

Aparatur Sipil Negara (ASN) atau Pegawai Negeri Sipil (PNS) saat ini bekerja dari rumah atau work from home (WFH) untuk mencegah penyebaran virus corona (Covid-19). Bagaimana memastikan mereka tidak keluyuran di luar rumah?

Deputi bidang Kelembagaan dan Tata Laksana Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Rini Widyantini menjelaskan tiap instansi punya cara masing-masing untuk memastikan ASN berada di rumah selama WFH. Salah satunya dengan share location (membagikan lokasi) sehingga bisa dipantau oleh atasannya.

"Ada memang yang menetapkan dengan share location. Tapi ada juga yang tidak berlebihan juga harus share location," kata dia saat dihubungi detikcom, Jumat (27/3/2020).

Bagi instansi yang tidak mewajibkan PNS membagikan lokasi, bagaimana memastikan ASN-nya benar-benar bekerja dari rumah? Menurutnya yang terpenting para abdi negara ini bisa melaksanakan tugas-tugasnya dengan baik dan benar.

"Ini yang mesti dipantau bukan share location-nya menurut saya, bukan tempat di mana lokasi. Bisa saja dia share location tapi di rumah nggak ngapa-ngapain, kan juga nggak efektif," jelasnya.

Salah satu instansi yang mewajibkan ASN-nya membagikan lokasinya kepada atasan adalah Badan Kepegawaian Negara (BKN).

Plt Kepala Biro Humas BKN, Paryono menjelaskan para ASN di BKN rutin membagikan lokasi di mana mereka berada. Dengan begitu dapat diketahui posisi mereka benar berada di rumah atau tidak.

"Di BKN itu atasannya memantau langsung pada anak buahnya, keberadaannya dari pagi sampai sore itu dipastikan bahwa mereka harus share location, pagi share location, siang juga, sore juga, sehingga dipastikan pegawai itu benar-benar bekerja di rumah, tidak keluar rumah. Kalau keluar rumah dia harus izin atasannya," jelasnya saat dihubungi terpisah.



Simak Video "Pasien Corona di Mamuju Kabur: Dijemput Petugas, Dilawan Keluarga!"
[Gambas:Video 20detik]
(toy/ara)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com