Follow detikFinance Follow Linkedin
Sabtu, 28 Mar 2020 07:00 WIB

Corona Merajalela, Perantau Jabodetabek Malah Colong Start Mudik

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Mudik atau pulang kampung jadi agenda wajib masyarakat Indonesia jelang lebaran. Tahu ngga, di beberapa negara ini juga ada tradisi mudik lho. Penasaran? Ilustrasi Mudik.
Jakarta -

Pemerintah telah mengimbau agar masyarakat tidak melakukan mudik. Namun, baru saja diimbau untuk tidak mudik, para perantau di Jakarta sudah berbondong-bondong colong start untuk pulang kampung lebih awal dari yang biasanya dilakukan saat lebaran.

Dirjen Perhubungan Darat Budi Setiyadi mengatakan sejak tanggal 20 hingga 22 Maret kemarin, terjadi beberapa peningkatan penumpang pada beberapa terminal tipe A di luar Jakarta. Penumpangnya pun kebanyakan dari Jabodetabek.

Budi mengatakan kegiatan ekonomi yang lumpuh di Jakarta, disinyalir jadi alasan untuk orang-orang ini pulang kampung lebih awal.

"Kami mensinyalir ada mudik yang sebelum waktunya. Karena kan kegiatan ekonomi di Jakarta ada penurunan. Catatan kami tanggal 20, 21, 22 ada lonjakan terminal tipe A di daerah yang datang dari Jabodetabek," kata Budi lewat video conference bersama wartawan, Jumat (27/3/2020).

Kebanyakan, Budi mengatakan arus lonjakan penumpang terjadi di Jawa Tengah, mulai dari Wonogiri, Purwokerto, hingga Solo.

"Ada beberapa di Jawa Tengah yang ada lonjakannya, di Wonogiri, Purwokerto, Solo dan beberapa tempat lain. Mappingnya memang banyak yang cenderung balik ke daerah masing-masing," jelas Budi.

Lonjakan penumpang mudik ini membuat virus corona meluas?

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Cerita Film Pendek Jangan Mudik dari Polda Sulsel"
[Gambas:Video 20detik]
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com