Banyak Daerah Siap Lockdown, Bagaimana Nasib 15 Bandara Ini?

Soraya Novika - detikFinance
Sabtu, 28 Mar 2020 15:30 WIB
Logo Angkasa Pura airport Bali. dikhy sasra/ilustrasi/detikfoto
Foto: Dikhy Sasra
Jakarta -

Setidaknya ada 5 daerah yang mulai menetapkan kebijakan karantina wilayah alias lockdown lokal di saat pemerintah pusat masih belum menerapkan kebijakan itu untuk mencegah penyebaran virus corona. Kelima daerah tersebut adalah Solo, Bali, Tegal, Maluku, hingga Papua.

Lalu bagaimana nasib operasional masing-masing bandara yang berada di kelima daerah tersebut?

PT Angkasa Pura I (Persero) memastikan bahwa sejauh ini operasional masing-masing bandaranya yang berada di daerah-daerah itu belum menerapkan lockdown. Untuk diketahui, dari 15 bandara yang dikelola AP I, 3 di antaranya berada di daerah yang sudah lockdown tersebut yakni Bandara Adi Soemarmo - Surakarta, Bandara I Gusti Ngurah Rai - Denpasar, Bandara Sentani - Jayapura.

"Kita tidak melakukan proses lockdown tetapi mengurangi aktivitas operasinya," kata Direktur Utama Angkasa Pura I Faik Fahmi dalam telekonferensi, Sabtu (28/3/2020).

Namun, sejauh ini, dari 3 daerah yang lockdown itu, baru Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua yang mengirimkan permintaan untuk proses penutupan sementara Bandara Sentani. Akan tetapi, permintaan itu belum bisa diproses lebih jauh karena masih menunggu keputusan pemerintah pusat tepatnya Kementerian Perhubungan RI.

"Di (Bandara) Sentani memang kemarin ada permintaan untuk menutup bandara tapi proses ini masih sedang dipastikan oleh Kementerian Perhubungan," ungkapnya.

Lebih lanjut, Faik menegaskan bahwa meskipun diwajibkan lockdown, kebijakan itu hanya berlaku para penerbangan penumpang. Sedangkan, untuk penerbangan logistik bakal tetap dioperasikan secara penuh.

"Jadi kita prinsipnya lebih pada apa yang diharapkan saja, namun khusus untuk logistik tetap kita operasikan secara penuh," pungkasnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Sederet Maskapai Dunia yang Bangkrut Gara-gara Corona"
[Gambas:Video 20detik]