Follow detikFinance Follow Linkedin
Minggu, 29 Mar 2020 08:29 WIB

Banyak Daerah Siap Lockdown, AP I Kurangi Aktivitas Bandara

Soraya Novika - detikFinance
PT Angkasa Pura II (Persero) menerapkan konsep pembatasan sosial atau social distancing di bandara-bandara yang dikelola. Hal ini guna mencegah penularan COVID-19. Foto: angkasa pura II
Jakarta -

Setidaknya ada 5 daerah yang mulai menetapkan kebijakan karantina wilayah alias lockdown lokal di saat pemerintah pusat masih belum menerapkan kebijakan itu untuk mencegah penyebaran virus corona. Kelima daerah tersebut adalah Solo, Bali, Tegal, Maluku, hingga Papua.

Lalu bagaimana nasib operasional masing-masing bandara yang berada di kelima daerah tersebut?

PT Angkasa Pura I (Persero) memastikan bahwa sejauh ini operasional masing-masing bandaranya yang berada di daerah-daerah itu belum menerapkan lockdown. Untuk diketahui, dari 15 bandara yang dikelola AP I, 3 di antaranya berada di daerah yang sudah lockdown tersebut yakni Bandara Adi Soemarmo - Surakarta, Bandara I Gusti Ngurah Rai - Denpasar, Bandara Sentani - Jayapura.

"Kita tidak melakukan proses lockdown tetapi mengurangi aktivitas operasinya," kata Direktur Utama Angkasa Pura I Faik Fahmi dalam telekonferensi, Sabtu (28/3/2020).

Namun, sejauh ini, dari 3 daerah yang lockdown itu, baru Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua yang mengirimkan permintaan untuk proses penutupan sementara Bandara Sentani. Akan tetapi, permintaan itu belum bisa diproses lebih jauh karena masih menunggu keputusan pemerintah pusat tepatnya Kementerian Perhubungan RI.

Lebih lanjut, Faik menegaskan bahwa meskipun diwajibkan lockdown, kebijakan itu hanya berlaku bagi penerbangan penumpang. Sedangkan, untuk penerbangan logistik bakal tetap dioperasikan secara penuh.

Selanjutnya
Halaman
1 2
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com