Luhut: Kita Nggak Pakai Istilah Lockdown!

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Selasa, 31 Mar 2020 15:06 WIB
Menko Polhukam Luhut Binsar Panjaitan  di  Jakarta, Kamis (26/5/2016).
Foto: Ari Saputra
Jakarta -

Pemerintah mulai berencana melakukan isolasi wilayah terkait adanya wabah virus corona. Hal ini dinilai mampu menekan penyebaran virus corona.

Soal isolasi wilayah ini, Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan bahwa pemerintah pun sedang mengkaji terminologi dan definisi yang tepat soal isolasi wilayah.

Kemudian dia mengatakan pemerintah sendiri kemungkinan tidak akan menggunakan kata lockdown. Dalam UU menurutnya cuma ada karantina.

"Tapi nanti terminologinya dikaji juga. Kita nggak kenal lockdown, kita kenalnya karantina, di UU nih ya. Jadi kita nggak pakai lagi istilah lockdown," ungkap Luhut lewat rilis video kepada wartawan, Selasa (31/3/2020).

Luhut menyampaikan dalam menentukan keputusan untuk melakukan isolasi wilayah, Presiden Joko Widodo meminta agar jajarannya memperhatikan jutaan rakyat kecil yang akan terdampak.

"Intinya Presiden seminimum mungkin rakyat jangan sampai jadi korban parah, kalau kita kena semua kena. Beliau selalu lihat rakyat kecil yang jumlahnya itu berapa puluh juta orang itu," ujar Luhut.

Menurutnya, semua negara memang akan mencari caranya masing-masing dalam melakukan isolasi wilayah yang cocok.

"Setiap negara cari model masing-masing yang cocok. Jadi kita jangan terus buru-buru men-judge begitu, atau memberikan komentar yang nggak pas," tegas Luhut.



Simak Video "Kota Manila Kembali Macet "
[Gambas:Video 20detik]
(dna/dna)