Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 31 Mar 2020 16:12 WIB

Pertamina Bagikan 1.000 Jahe Merah Instan Produk UMKM ke Petugas SPBU

Yudistira Perdana Imandiar - detikFinance
Pertamina Foto: Dok Pertamina
Jakarta -

PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region (MOR) III, memberdayakan produk UMKM dalam upaya antisipasi virus Covid-19. Hal itu dilakukan sekaligus untuk membantu UMKM yang usahanya terdampak penurunan daya beli di tengah pandemi virus corona.

Di antara pelibatan UMKM mitra binaan Pertamina MOR III, yaitu menjadikan produk jahe instan milik Darul Mahbar salah satu barang bantuan bagi operator SPBU di Jakarta. Pria berusia 49 tahun tersebut mendapat pesanan hingga 1000 toples minuman jahe instan.

"Sejak merebaknya Covid-19 saya sempat khawatir usaha rumahan ini akan terdampak dengan kebijakan #dirumahsaja. Namun berkat Pertamina, produk kami minuman berbahan tanaman obat keluarga kini mulai dicari banyak orang dan permintaan terus bertambah," kata Darul optimistis dalam keterangan tertulis Pertamina yang diterima detikcom, Selasa (31/3/2020).

Mitra binaan Pertamina lainnya, Nur Haidah yang memproduksi goodie bag atau aneka tas berbahan spunbound serta kain juga diikutsertakan. Produknya digunakan untuk mengemas sejumlah bantuan Pertamina kepada masyarakat.

"Alhamdulillah usaha kami bisa berjalan, apalagi dalam kondisi seperti saat ini. Tentunya satu sama lain perlu saling mendukung. Kami berharap bantuan yang diberikan kepada berbagai pihak ini agar dapat senantiasa melibatkan produksi UMKM, sehingga bisa turut menggerakkan perekonomian informal," ujar Nur Haidah yang saat ini juga berekspansi memproduksi masker non medis.

Cegah Corona, 3.460 Petugas SPBU Minum Jahe Merah Instan Produk UMKMFoto: dok. pertamina

Selain itu, dalam menjalankan protokol pencegahan virus Covid-19, Pertamina juga membekali alat pengamanan petugas di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) dan Stasiun Pengisian Bahan Bakar Elpiji (SPBE). Peralatan pengaman meliputi masker dan sarung tangan untuk menegah penyebaran virus corona. Untuk urusan ini, Pertamina berkolaborasi dengan Himpunan Wiraswasta Nasional Minyak dan Gas Bumi (Hiswana Migas) DKI.

Dari total 261 SPBU dan 23 SPBE di jakarta, terdapat sekitar 3.460 petugas yang terdiri dari operator, petugas keamanan dan petugas pendukung operasional lainnya. Pada tahap awal, pekan ini Pertamina akan menyediakan 1.000 paket kesehatan bagi operator SPBU dan karyawan SPBU meliputi masker, sarung tangan, dan juga minuman jahe instan produk UMKM.

"Sinergi Pertamina dan Hiswana Migas ini merupakan upaya bersama-sama antara program tanggung jawab sosial perusahaan dan juga pengusaha SPBU, dalam menjamin keamanan dan layanan yang memenuhi protokol pencegahan penularan Covid-19 di SPBU," ujar Unit Manager Communication Relation & CSR MOR III Dewi Sri Utami.



Simak Video "Jelang Lebaran, Pertamina Jamin Stok Elpiji di Sulsel Aman"
[Gambas:Video 20detik]
(ega/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com