Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 31 Mar 2020 18:46 WIB

Daftar 44 Rute KA yang Dibatalkan karena Volume Penumpang Turun

Soraya Novika - detikFinance
Imbas Corona, PT KAI Daop 5 Purwokerto Batalkan 54 Perjalanan Foto: Rinto Heksantoro/detikcom
Jakarta -

PT Kereta Api Indonesia (Persero) mengakui adanya penurunan jumlah penumpang hingga 80% sejak diberlakukannya kebijakan kerja dari rumah (work from home/WFH) imbas corona. Akibatnya, PT KAI terpaksa kembali memangkas perjalanan kereta api jarak jauh mereka. Sebelumnya, PT KAI Daop 1 Jakarta sudah membatalkan perjalanan 28 kereta api dari Stasiun Gambir, Pasar Senen, dan Jakarta Kota.

Kali ini, jumlah perjalanan yang dibatalkan bertambah hingga mencakup 44 kereta api pada periode yang sama yakni dari 1 April - 1 Meri 2020 mendatang.

"Melihat penurunan volume penumpang yang mencapai hingga 80%, PT KAI Daop 1 Jakarta, kembali menambahkan daftar KA Jarak Jauh yang dibatalkan perjalanannya menjadi 44 KA untuk periode yang sama," ungkap Kepala Humas KAI Daop 1 Eva Chairunisa lewat keterangan tertulisnya dikutip Selasa (31/3/2020).

Untuk diketahui, normalnya terdapat 67 jadwal perjalanan KA Jarak Jauh di area Daop 1 Jakarta, diantaranya 37 KA dari Stasiun Gambir, 27 KA Stasiun Pasar Senen dan 3 KA dari Stasiun Jakarta Kota.


Meski masih ada yang beroperasi, Daop 1 Jakarta memastikan pengaturan jarak antar penumpang pada rangkaian kereta masih tetap akan diterapkan melalui pengaturan oleh petugas.

"Pengaturan dapat dilakukan karena volume penumpang yang ada pada satu rangkaian saat ini tidak banyak, bahkan mayoritas ada yang berangkat hanya dengan 20 sampai dengan 30 penumpang. dipastikan dalam satu rangkaian yang diberangkatkan okupansi penumpang tidak akan melebihi 50%," sambungnya.

Sebagai gambaran volume penumpang dalam satu hari untuk Stasiun Gambir pada waktu normal dapat mencapai hingga 15.000 penumpang, namun untuk saat ini total jumlah penumpang per hari berkisar sekitar 1.000 orang untuk keberangkatan. Sementara Stasiun Pasar Senen dari rata volume penumpang yang dapat mencapai sekitar 17.000 penumpang, saat ini total jumlah penumpang per hari berkisar sekitar 4.000 orang untuk keberangkatan.

Untuk itu, bagi calon penumpang yang terdampak pembatalan KA pada kurun waktu tersebut dapat mengajukan pengembalian bea tiket secara penuh 100% di luar bea pesan.

"PT KAI Daop 1 Jakarta menghimbau agar calon penumpang melakukan pembatalan tiket secara online di aplikasi KAI Access versi terbaru. Selain itu, proses pembatalan juga dapat dilakukan di loket stasiun pembatalan yang ditentukan, yaitu Stasiun Gambir, Pasar Senen, Jakarta Kota, Cikampek, Bekasi, Rangkasbitung, Serang, dan Bogor Paledang," imbaunya.



Kali ini PT KAI tidak mengalihkan penumpang yang jadwalnya batal ke perjalanan KA lainnya, namun penumpang dapat melakukan pembelian tiket dengan jadwal KA lain secara mandiri.

Sebelum jadwal pembatalan diberlakukan, tentunya seluruh calon penumpang yang sudah membeli tiket pada jadwal KA yang dibatalkan sudah diberikan informasi terlebih dahulu melalui layanan informasi pelanggan.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Mau Naik KA Luar Biasa? Ini Tahapan Sebelum Beli Tiket"
[Gambas:Video 20detik]
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com