Pelanggan PDAM di Batang Dapat Gratis Tagihan 3 Bulan

Robby Bernardi - detikFinance
Minggu, 05 Apr 2020 21:15 WIB
Air PDAM di Banyuwangi dikeluhkan
Ilustrasi/Foto: Putri Akmal
Batang -

Kabar gembira bagi warga di Kabupaten Batang. Mulai Bulan April, Mei, dan Juni, pelanggan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) di Kabupaten Batang digratiskan tagihan pembayaran.

Gratis tagihan ini diberikan bagi pelanggan yang masuk dalam kategori R1. Untuk pelanggan kategori R2 diskon 30% sedangkan pelanggan niaga diskon 20%. Kebijakan ini berlaku mulai dari bulan April, Mei, dan Juni.

"Sudah saya putuskan pelanggan PDAM miskin masuk kategori R1 kita gratiskan, pelanggan kategori R2 diskon 30 persen, untuk pelanggan niaga diskon 20 persen selama tiga bulan," ucap Bupati Batang, Wihaji, Minggu (5/4/2020).

Langkah tersebut diambil sebagai upaya pemerintah kabupaten untuk meringankan beban ekonomi warga karena dampak corona. Pihaknya mengakui, akibat adanya wabah Corona, banyak mempengaruhi penghasilan warganya, terutama yang bekerja dengan upah harian.

"Kita menindaklanjuti keputusan pemerintah pusat untuk meringankan beban masyarakat," kata Wihaji.

Selain menggratiskan biaya bagi pelanggan PDAM, pihaknya juga mengaku masih menyusun skema jaring sosial untuk membantu warga terdampak corona.

"Dikhawatirkan berdampak luas dan menambah jumlah warga miskin. Semangat kita gotong royong, karena ini situasi sulit, kami bersama Wakil Bupati dan DPRD lagi mempercepat penentuan kebijakan sosial, keselamatan dan kemanusiaan, sebagai ikhtiar agar perekonomian masyarakat tetap jalan dan warga Batang bisa makan," katanya.



Simak Video "Kasus Corona di Sleman Melejit, Shelter Asrama Haji-Rusunawa Gemawang Penuh"
[Gambas:Video 20detik]
(eds/eds)