Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 06 Apr 2020 20:45 WIB

BUMN Mau Produksi Ventilator? Ini Kata Erick Thohir

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
A medical staff checks on a ventilator of an intensive care unit at a newly inaugurated hospital by the Tamil Nadu state during a government-imposed nationwide lockdown as a preventive measure against the COVID-19 coronavirus, in Chennai on March 27, 2020. (Photo by Arun SANKAR / AFP) Foto: AFP/ARUN SANKAR
Jakarta -

Ventilator menjadi alat yang penting di tengah wabah virus corona saat ini. Ventilator sendiri merupakan alat atau mesin yang digunakan untuk membantu pernapasan.

Akankah BUMN memproduksi alat tersebut?

Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan untuk penanganan pasien corona saat ini pihaknya masih membeli dan menerima sumbangan.

"Kalau ventilator saya rasa kita tidak produksi sendiri, hari ini kita coba membeli dan menerima sumbangan," kata Erick dalam teleconference, Senin (6/4/2020).

Memang, dia mengatakan, ada sejumlah penemuan dari universitas dalam negeri. Bahkan, industri dalam negeri juga melirik alat kesehatan ini.

"Bahkan kami di industri pertahanan sudah dapat info BPPT LEN sedang melihat, kalau memang nanti bisa bantu produksi kenapa tidak," ujarnya.

Namun, Erick menuturkan, untuk tahap sekarang memilih untuk membeli dan menerima sumbangan.

"Tentu saya tidak mau bicara sesuatu yang belum saya lihat secara nyata, berapa juga kapasitasnya, oleh karena itu pada tahap awal membeli dan menerima sumbangan," ujarnya.



Simak Video "Produsen Supercar McLaren Ubah Haluan Jadi Produksi Ventilator"
[Gambas:Video 20detik]
(acd/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com