Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 07 Apr 2020 16:43 WIB

Cara Aman & Praktis Nabung Emas, Investasi Menggiurkan Saat Ini

Angga Laraspati - detikFinance
koin emas Foto: shutterstock
Jakarta -

Sebagian orang kini mulai melihat emas sebagai sebuah investasi yang sangat menggiurkan. Hal ini dikarenakan emas mempunyai harga yang sewaktu-waktu dapat melonjak lebih tinggi dari harga belinya.

Saat ini harga emas dunia memang mengalami pasang surut di tengah volatilitas yang tinggi akibat meluasnya penyebaran pandemi virus Corona. Ini membuat sejumlah stimulus pemerintah dan bank sentral dunia pun digelontorkan guna memerangi pandemi. Emas juga merupakan mata uang universal yang dapat dikonversikan ke dalam bentuk uang mana saja. Emas pun juga dapat dengan mudah ditukar dan memiliki harga yang relatif stabil. Selain untuk mata uang, emas sangat dicari untuk banyak sektor lainnya. Contohnya seperti sektor pembuatan koin, elektronik, perhiasan, medali, dan masih banyak yang lainnya.

Harga emas juga berkali-kali berhasil menembus rekor tertinggi di saat terjadinya pandemi Corona. Hal itu terjadi ketika instrumen investasi lainnya tertekan oleh wabah corona. Bahkan kini harga emas sudah tembus Rp 12.000/gram menjadi Rp 894.000/gram. Inilah yang membuat emas menjadi salah satu komoditas yang panas di tengah pandemi Corona. Selain itu, komoditas emas juga menjadi investasi yang aman di tengah pandemi Corona saat ini.

Salah satunya seorang karyawan swasta yang sudah melakukan investasi emas sejak setahun lalu, Rizqia Nur Fadhila (24) yang selalu menyisihkan sebagian uang yang ia peroleh dari gajinya untuk dibelikan emas walaupun hanya satu gram. Dirinya menilai menabung emas lebih terjangkau dan lebih aman.

"Gue nabung emas soalnya lebih terjangkau dan lebih aman. Kalau nabung tanah kan belum tentu semuanya bisa, nah kalo emas kan bisa sesuai dengan kemampuan kita gitu. Jadinya lebih enak nabung emas kalo gue," ujar Dhila saat dihubungi detikcom, Selasa (7/4/2020).

Dirinya mengaku investasinya yang sudah ia tekuni sejak tahun lalu ini sangat membawa keuntungan. Meski awalnya hanya beberapa gram emas, saat dijual kembali Dhila dapat meraup untung.

"Tahun lalu gue mulai kalo nggak salah, awalnya cuman 1,5 gram. Terus gue jual, nah untung tuh walaupun cuman sedikit. Ya kan masih belajar kan. Tapi baru beberapa bulan yang lalu gue memutuskan untuk beli lagi," ungkapnya.

Dalam kondisi seperti saat ini, imbauan untuk tidak keluar rumah membuat Dhila tidak bingung untuk menabung emas yang ia tekuni. Dirinya menggunakan m-banking untuk bisa menabung emas di Pegadaian yang sudah ia lakukan selama 1 tahun ke belakang ini.

"Pastinya lebih mudah sekarang kalau mau nabung emas lagi, nggak perlu pergi jauh-jauh ke toko emas. Apalagi dengan kondisi yang kayak gini pastinya bahaya kan. Nah, makanya sekarang gue gunain BNI Mobile Banking buat nabung emas di Pegadaian, kan bisa," jelasnya.

Memang menabung emas di Pegadaian sekarang dapat melewati platform mobile banking karena lebih mudah dan aman. Salah satu mobile banking yang dapat memenuhi kebutuhan tersebut adalah BNI Mobile Banking, yang dapat membantu melakukan transaksi terhadap segala bentuk investasi, salah satunya tabungan emas di Pegadaian.

"Caranya pun mudah, hanya perlu masuk ke dalam fitur pembelian, lalu pilih Pegadaian dan masukan tabungan emas ke dalam menu yang tersedia. Pembayarannya dapat dilakukan dengan transfer ke BNI Mobile Banking. Mudah bukan?"

Sebagai informasi, BNI Mobile Banking adalah fasilitas layanan perbankan yang memudahkan kita untuk bertransaksi langsung melalui smartphone, secara aman, mudah, dan cepat. Selain itu, pengguna BNI Mobile Banking pun terus meningkat tiap tahunnya. Bahkan tercatat hingga 2019, pengguna BNI Mobile Banking terus meningkat hingga 4,88 juta. Angka ini tumbuh 68,6% secara tahunan. #BNItuDigital #Transaksidarirumah #bnimobilebanking



Simak Video "Milenial Investasi Emas, Siapa Takut?"
[Gambas:Video 20detik]
(mul/mpr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com