Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 08 Apr 2020 14:51 WIB

Ada PSBB, Warga Jabodetabek Bakal Dapat Bantuan Sembako

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Warga ramai-ramai mendatangi RPTRA Budi Mulia di Pademangan, Jakarta Utara. Bukan tanpa alasan, kedatangan mereka untuk berburu sembako murah. Ilustrasi. Tidak terkait dengan berita/Foto: Pradita Utama
Jakarta -

Pemerintah akan memberikan bantuan berupa paket bahan pangan untuk mendukung Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Bantuan ini tengah disiapkan Kementerian Sosial dan pemerintah daerah.

"Kami sampaikan juga skema lain yang disiapkan pemerintah yang tadi kami koordinasikan Kemensos bahwa untuk men-support PSBB yang sekarang sudah di-launching. Maka daerah sekitar Jabodetabek, ini lagi disiapkan Kemensos bersama DKI dan di-support Presiden untuk juga diberikan bantuan paket pangan yang bentuknya komoditi," kata Direktur Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan Askolani dalam teleconference, Rabu (8/4/2020).

Dia mengatakan, penerima bantuan ini didasarkan pada basis data pemerintah daerah. Kemudian, program ini akan dieksekusi konsorsium yang di dalamnya ada PD Pasar Jaya.

Dia mencontohkan, paket pangan ini berupa beras, minyak goreng, dan kebutuhan pokok lainnya.

"Paket pangan komoditi ini KPM-nya (keluarga penerima manfaat) akan menggunakan basis data Pemda DKI dan Jabodetabek. Komoditi ini akan disiapkan oleh kerja sama konsorsium di situ ada PD Pasar Jaya juga yang lainnya," ujarnya.

Bantuan sembako ini diberikan berkala, per dua minggu atau per bulan.

"Mudah-mudahan kebijakan akan di-launching akan dilaksanakan oleh Kemensos dan Pemda dalam waktu dekat mendukung program PSBB yang ditetapkan pemerintah," ujarnya.



Simak Video "Kenapa Bogor Belum Terapkan New Normal?"
[Gambas:Video 20detik]
(acd/ara)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com