Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 08 Apr 2020 16:40 WIB

Bisnis Orang Terkaya RI Vs Orang Paling Kaya di Dunia

Anisa Indraini - detikFinance
Jeff Bezos Foto: Reuters
Jakarta -

Forbes telah merilis daftar orang terkaya di dunia tahun 2020. Pendiri Amazon, Jeff Bezos menduduki peringkat orang terkaya nomor satu di dunia. Tahun ini merupakan ketiga kalinya dia menempati posisi puncak orang terkaya di dunia.

Sementara dalam daftar majalah Forbes, posisi puncak orang terkaya di Indonesia ialah Robert Budi Hartono. Ia sudah menduduki posisi ini selama 12 tahun berturut-turut terhitung sejak 2008.

Dari total kekayaan, tentu Budi kalah jauh dengan Bezos yang merupakan orang terkaya sejagat. Harta kekayaan Budi senilai US$ 13,6 miliar atau setara Rp 217,6 triliun (kurs Rp 16.000/US$). Sementara harta Bezos hingga US$ 113 miliar atau setara Rp 1.808 triliun.

Bezos sebagai orang terkaya dunia yang berusia 56 tahun itu memperoleh kekayaan dari perusahaan belanja onlinenya, Amazon yang didirikan sejak 1994. Perusahaan itu memang jadi perusahaan termahal di dunia. Saat ini dirinya mengantongi 11,2% saham di perusahaan tersebut.

Pada tahun 2018, Amazon memiliki pendapatan US$ 230 miliar dan mencetak rekor laba bersih sebesar US$ 10 miliar, naik dari sebelumnya US$ 3 miliar pada tahun sebelumnya.

Kini, di saat perusahaan lain berjuang memenuhi kebutuhan dan merumahkan karyawan karena wabah Corona, Amazon justru mengalami lonjakan permintaan hingga merekrut 100.000 karyawan baru.

Sumber kekayaan Bezos lainnya juga berasal dari perusahaan pesawat luar angkasa Blue Origin dan media Washington Post.

Sementara Budi, orang terkaya Indonesia itu memiliki sumber kekayaan dari PT Djarum atau Djarum Group, sebuah konglomerasi yang menggarap banyak lini usaha di berbagai bidang.

Selama beberapa tahun terakhir, Djarum Group telah bergerak ke sektor ritel online yang tumbuh cepat, mengakuisisi Kaskus, Infokost, Blibli, hingga Bolabob, Mindtalk, DailySocial, Kincir, dan Opini. Grup ini juga memiliki saham pengendali di agensi pemasaran digital Merah Cipta Media.



Simak Video "Gelar Miliarder Kylie Jenner Dicabut oleh Forbes"
[Gambas:Video 20detik]
(das/das)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com