Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 08 Apr 2020 17:57 WIB

Mentan Sebut Pasar Tani Bantu Pemasukan Ojol dan Petani

Alfi Kholisdinuka - detikFinance
Kementan Foto: Dok Kementan
Jakarta -

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo memantau aktivitas belanja orderan ojek online (ojol) yang membeli kebutuhan pangan untuk pelanggan di Toko Tani Indonesia Center (TTIC) Pasar Minggu, Jakarta Selatan.

Dia menuturkan pasar murah yang disediakan pemerintah ini menyediakan 11 kebutuhan bahan pokok dengan label harga yang sangat terjangkau. Lebih dari itu, pihaknya juga sudah memastikan bahwa stok ketersediaan tahun ini dalam kondisi aman.

"Kerjasama Kementan dengan Gojek ini untuk meringankan semua kepentingan masyarakat di tengah pandemi COVID-19. Kami menyediakan 11 kebutuhan bahan pokok secara komplit," ujar Syahrul dalam keterangannya, Rabu (8/4/2020).

Syahrul mengatakan keberadaan pasar tani bukan saja membantu kebutuhan masyarakat sehari-hari. Namun lebih dari itu, pasar ini membantu para ojek online (ojol) agar tetap memiliki pemasukan.

"Bahkan para kelompok tani sebagai penghasil komoditas juga terbantu untuk memasarkan hasil pertaniannya. Kami telah membuka pasar tani di 34 provinsi khususnya di DKI Jakarta. Jadi sesuai dengan arahan Presiden apapun itu harus kita lakukan demi membantu rakyat," ungkapnya.

Diketahui, sejak dibukanya pasar murah dengan menggratiskan ongkos kirim driver ojol, pasar TTIC mengalami lonjakan pembeli. Terkait hal ini, Syahrul mengaku akan segera berkoordinasi dengan Kepala Badan Ketahanan Pangan untuk dilakukan pengendalian pengunjung.

"Mungkin jam buka pasar tani akan ditambah 1 sampai 2 jam, dan saya juga akan berkoordinasi dengan pemerintah provinsi agar pasar tani bisa diperluas dan tidak hanya di Jakarta Selatan saja," katanya.

Salah seorang pengunjung pasar tani, Muhamaroh (46) mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada pemerintah. Dia mengaku senang karena program ini membantu masyarakat di tengah pandemi Corona. Karenanya, dia berharap program seperti ini terus berlanjut dan memudahkan masyarakat dalam mengakses bahan pangan.

"Terima kasih bapak menteri yang memberi program murah bagi masyarakat. Saya senang karena bisa beli telur, sayur dan beras dengan harga yang murah," tandasnya.



Simak Video "Stabilkan Harga, 250 Ribu Ton Gula Digelontorkan ke Pasar"
[Gambas:Video 20detik]
(ega/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com