Tips Selamatkan Bisnis UMKM di Tengah Badai Corona

Anisa Indraini - detikFinance
Rabu, 08 Apr 2020 18:25 WIB
bantu bisnis kuliner
Foto: istimewa
Jakarta -

Hampir semua pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) terpukul akibat penyebaran virus Corona (COVID-19). Untuk itu, di tengah pandemi ini, para pelaku usaha harus melakukan berbagai strategi agar bisnisnya tetap berjalan.

Vice President Partnership International Council for Small Business (ICBC) Global, Diah Yusuf memberikan strategi agar bisnis tetap berjalan di tengah Corona. Pertama, tentukan target market dan pastikan bisnis yang dijalankan membantu menyelesaikan masalah customer.

"Misalnya tetangga nggak bisa masak, kita bisnis menjual makanan matang," kata Diah melalui telekonferensi, Rabu (6/4/2020).

Kedua, harus kreatif mencari peluang-peluang baru untuk bisnis di tengah kondisi Corona.

"Dulu orang pergi ke kafe kalau mau minum kopi, karena sekarang nggak bisa diciptakan permen kopi. Nah apakah produk kita bisa dijadikan substitusi untuk produk lainnya? Itu yang harus dipikirkan," sebutnya.

Ketiga, tunjukkan rasa empati kepada customer dengan tidak memanfaatkan peluang Corona untuk menaikkan harga secara tidak wajar.

"Jadi pastikan itu karena bisnis tidak hanya menimbun kekayaan. Kita juga harus memperlihatkan empati kita kepada keadaan yang terjadi saat ini," ucapnya.



Simak Video "Gojek Kebanjiran 120 Ribu Mitra UMKM Baru saat Pandemi Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(das/das)