6 Tips Saat Kerja di Rumah Sambil Pegang Bocah

Anisa Indraini - detikFinance
Kamis, 09 Apr 2020 10:58 WIB
cara orangtua jaga anak sambil WFH
Foto: Twitter
Jakarta -

Kerja dan belajar dari rumah sedang menjadi tren global akibat pandemi virus Corona (COVID-19). Tentunya jika Anda sudah berkeluarga banyak peran yang harus diambil. Tidak hanya mengurus pekerjaan, melainkan juga menjadi pengasuh dan guru bagi anak-anak.

Para keluarga dituntut harus bisa mengambil banyak peran dalam waktu bersamaan. Diikutip dari CNN, Kamis (9/4/2020), berikut 6 tips untuk menangani semua tuntutan tersebut:

1. Cari tahu apa yang harus dilakukan
Anda tidak akan bisa menyelesaikan tugas sebanyak saat di kantor. Untuk itu, prioritaskan tugas mana yang benar-benar harus diselesaikan dengan cepat.

Jika tugas harus dilakukan dengan membutuhkan waktu yang tenang, carilah cara untuk mendapatkan waktu tersebut.

"Misalnya, merekam podcast di pagi hari sebelum anak-anak bangun. Ini satu-satunya waktu yang sunyi," kata Pelatih Produktivitas dan Kepemimpinan Ellen Faye.

2. Multitasking
Multitasking dianggap tidak akan menghasilkan sesuatu yang maksimal karena melakukan dua tugas kompleks secara bersamaan. Namun itu bisa sangat bermanfaat jika melakukannya secara strategis.

Lakukanlah dua pekerjaan dengan syarat salah satu kegiatan tersebut tidak membutuhkan upaya yang besar.

"Misalnya, mendengarkan rapat sambil melipat cucian atau cuci piring," ucapnya.

Apakah Liverpool gagal menjadi juara lagi?


3. Kelompokkan tugas yang serupa
Kelompokkan dan kerjakanlah tugas dalam satu waktu yang dianggap serupa. Jika sudah, Anda bisa menghabiskan sedikit waktu bersama keluarga di rumah.

"Anda bekerja lebih efisien ketika Anda melakukan beberapa jenis tugas yang sama satu per satu," kata Pakar Manajemen Waktu Kathryn McKinnon.

Lanjut ke halaman berikutnya

Selanjutnya
Halaman
1 2