Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 09 Apr 2020 17:15 WIB

Talent Acquisition: Strategi Dapat Pegawai Jempolan

Aulia Damayanti - detikFinance
Tenaga Kerja Asing Foto: Fuad Hasim
Jakarta -

Dalam dunia Human Resources (HR) istilah rekrutmen lebih familiar di telinga dibanding jika mendengar talent acquisition.

Dua istilah ini yang sering membuat orang keliru karena defisnisnya yang serupa. Keduanya sama-sama bertujuan membantu HR dalam merekrutmen kandidat pekerja.

Namun, ada beberapa perbedaan yang jelas antara rekrutmen dan talent acquisition. Jobstreet.com telah merangkum perbedaan rekrutmen dan talent acquisition. Serta mengulas lebih dalam mengenai talent acquisition

Pada dasarnya, perekrutan adalah sebuah proses langsung untuk menerima kandidat-kandidat tertentu untuk mengisi posisi-posisi kosong yang spesifik dalam perusahaan.

Sedangkan talent acquisition lebih mengacu pada proses pemikiran strategis dalam perolehan kandidat, biasanya berupa sebuah rencana jangka panjang bagi kandidat.

Perlu dicatat bahwa rekrutmen merupakan bagian dari talent acquisition dan tidak akan ada talent acquisition tanpa adanya proses rekrutmen sedangkan rekrutmen dapat tetap berlangsung tanpa ada strategi talent acquisition.

Strategi talent acquisition tetap penting karena akan menguntungkan bagi perusahaan yang bersaing di pasar tenaga kerja yang sangat kompetitif. Kenapa penting? Buka halaman selanjutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com